Cara verifikasi situs di google search consol (webmaster)



Sebuah panduan yang sangat urgen bagi para blogger yaitu Cara mem-verifikasi situs di google search consol (webmaster). serach consol adalah perpanjangan dari alat webmaster, jadi pentingnya sebuah alat webmaster bisa anda gunakan untuk memantau kinerja sebuah blog/website anda melalui search consol ini.

Dan kali saya akan bagikan sebuah metode verifikasi yang perlu anda coba dan terbukti berhasil, karena saya baru saja 1 jam yang lalu telah memferifikasi blog/web yang baru saja saya beli dan tentunya perlu saya verifikasi blog/websitenya bahwa blog tersebut telah menjadi milik saya secara sah. namun nyatanya banyak teman blogger yang masih kesulitan dalam mem-verifikasi blognya melalui alat webmaster tau search consol ini. jadi langsung saja demikianlah langkah-langkah untuk memverifikasi blog/website di alat webmaster/search consol, namun jika anda belum punya akun alat webmaster/search consol atau belum pernah sama sekali maka anda bisa mendaftar terlebih dahulu, jika bingung caranya anda bisa simak panduannya di bawah ini:

Cara lengkap membuat alat webmaster google

1. Verifikasi kepemilikan situs metode Google analytic

Anda juga perlu tahu bagaimana untuk memverifkasi kepemilikan situs serta macam-macam metode untuk anda lakukan, pada dasbord webmaster di sana terdapat bermacam-macam metode memverifikasi kepemilikan situs diantaranya adalah:

1). Metode Tag HTML
2). Penyedia nama domain
3) Google analytic
4). Google pengelola tag
5). Unggahan file HTML

Kelima metode verifikasi diatas tidak harus anda lakukan semua namun salah satu saja sudah cukup. namun juga memverifikasi kepemilikan situs lebih dari satu metode maka akan menjadi lebih baik, itu saran google.

Dan silahkan anda perhatikan pada Metode yang Google analytic" dan "Metode Tag Tag HTML" karena kedua metode ini sudah saya terapkan semua dan berhasil. jadi yang pertama saya akan berbagi tentang cara memverifikasi kepemilikan situs blog dengan metode google analytic terlebih dahlu. baiklah, langsung saja demikianlah langkah-langkahnya:

1. Silahkan anda kunjungi akun anlytic anda
2. Pada menu dasboard analytic silahkan anda klik menu "Propertis" dan nantinya akan tampil "Verifikasi Properti ini" silahkan anda pilih
3. Silahkan anda pilih (ceklist) metode "Google analytic"
4. dan kemudian pilih "Verifikasi"

Cara di atas bisa anda lakukan jika dalam akar blog anda telah anda pasang kode pelacak analytic, tanpa anda pasang terlebih dahulu maka tidak akan pernah berhasil. untuk cara pemasangan kode pelacak analytic tersebut bisa anda simak terlebih dahulu panduannya:

Cara membuat dan memasang kode google analytics pada blog

Namun nyatanya untuk melakukan verifikasi metode Google analytic ini berbeda dengan yang awal-awal dulu saya ngeblog, karena dulu terasa sangat mudah untuk melakukan verifikasi kepemilikan situs dengan metode analytic ini, namun ahir-ahir ini lumyan sulit karena sering gagal entah apa sebabnya mungkin para blogger ada yang pernah mengalaminya juga kan? lalu bagaimana solusinya, solusinya adalah kita verifikasi dengan metode lain yaitu tepatnya dengan menggunkan metode "Tag html" dan inipun sudah saya buktikan dan berhasil. dan berikut langkah-langkahnya:

2. Verifikasi Metode Tag HTML

Pertama yang perlu anda lakukan adalah sama seperti diatas namun tepat pada poin nomor tiga silahkan anda pilih "Metode Tag HTML" dan silahkan anda pilih "Verivikasi" NAMUN Cara ini tidak akan berhasil jika anda belum memasang kode Tag HTML nya ke akar blog, namun yang ini pemasangannya melalui edit Template, hem lumayan sulit kan? namun jika anda terbiasa utak-atik template maka akan mudah dengan sendirinya. dan berikut panduannya.

1). Pada tampilan saat anda memilih/ceklis pilihan metode "Tag HTML" maka akan ada sebuah panduan di bawahnya seperti pada gambar berikut:

Cara verifikasi situs di google search consol
2). Dan silahkan anda copy code yang ada pada kotak merah seperti pada gambar diatas, dan setelah itu silahkan anda pastekan tepat di bawah kode <head> pada templte blog anda. jangan khawatir masalah pencarian kode <head> tersebut ada cara cepatnya yaitu letakkan kursor di area template kemudian klik (Ctrl+ f) pada keyboard, dan setelah muncul kotak pencarian silahkan anda copy dan pastekan kode <head> pada kotak yang telah tersedian kemudian enter, maka otomatis akan melakukan pencarian kode tersebut. Kemudian setelah ketemu kode tersebut maka anda Copy kode "Tag hrml" tadi tepat di bawahnya kode <head> dan jangan lupa anda simpan terlebih dahulu pada edit template.

3). Silahkan anda tunggu sebentar kira-kira 30 detik kemudian silahkan anda kemabali lagi ke akun alat webmaster untuk melanjutkan dan klik "Verifikasi" maka blog anda pun kan terverifkasi dengan mudah. dan nantinya jika anda berhasil akan tampil seperti pada gambar berikut setelah saya memverifikasinya:
verifikasi situs di google search consol (webmaster)


demikianlah 2 cara mudah untuk melakukan verifikasi kepemilikan sebuah situs web di webmaster atau yang sekarang berubah nama dengan search consol. semoga bermanfaat. salam, jangan lewatkan juga Cara mengetahui password wifi tetangga tanpa Softwear

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara verifikasi situs di google search consol (webmaster)"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top