Alur Pendaftaran Kuliah di SPAN-PTKIN secara Online



Para pembaca yang budiman barang kali ada yang baru saja selesai sekolah dari jenjang pendidikan SMA,SMK,MA,MAK dan lulusan Pesantren dari jalur Penyetaraan SMA atau Diniyah Muaddalah, Maka kabar baik untuk anda bahwasanya anda bisa mendaftar kuliyah di perguruan tinggi Negeri dengan cara online dan gratis tanpa di pungut biaya apapun, karena sudah di tanggung pemerintah tepatnya kementerian agama, Program pendaftaran kuliyah secara online ini bernama SPAN-PTKIN, SPAN PTKIN atau kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yaitu sebuah program yang di hasilkan dari kerja sama antara UIN, IAIN, dan STAIN. Panitia penyelenggara pun sudah di tentukan oleh kementerian agama.

Dimanapun lokasi anda yang mana terdapat Sekolah tinggi agama islam negeri maka bisa jadi telah tergabung dalam program ini, misalnya anda berlokasi di sekitar wilayah sumatera selatan maka anda bisa mengikuti pada Sekolah tinggi agama islam yang ada di kawasan palembang, dan misalnya anda di daerah sekitar bengkulu dan sekitarnya anda bisa mendaftar di STAIN Curup dan lain sebagainya. intinya dimna ada Sekolah tinggi Negeri yang berlabel Islam, insyaallah telah tergabung, jadi anda tidak perlu khawatir untuk dapat kuliyah di perguruan tinggi negeri islam yang jauh, cukup di sekitar wilayah anda berada.

Dan disini akan saya bagikan sebuah panduan alur Pendaftaran di SPAN-PTKIN secara online, panduan ini sangat penting untuk anda ketahui apalagi anda seorang Kepala sekolah, Operator atau Calon Mahasiswa pada perguruan tinggi tersebut. Baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkahnya:

Sebelum anda mengikuti langkah-langkah ini, anda perlu ketahui terlebih dahulu bahwasanya Pihak siswa atau calon mahasiswa tidak bisa mendaftar sendiri tanpa rekomendasi dari Kepala sekolah/madrasah, jadi calon mahasiswa tidak bisa login karena belum memeiliki akun dan password untuk login, adapun yang bisa membuat akun dari calon mahasiswa tersebut adalah pihak sekolah (Kepala madrasah) biasanya pihak kepala sekolah tidak begitu memahami masalah ini, namun Operatornya yang lebih mengerti tentang ilmu onlinenya.

Begitu juga pihak sekolah /madrasah juga tidak bisa membuatkan siswa/pendaftar calon maha siswa jika pihak sekolah/madrasah juga belum mempunyai akun sekolah di SPAN PTKIN. lalu bagaimana? jika sekolah belum mempunyai akun di Span Ptkin maka terlebih dahulu mendaftarkan sekolahan/madrasahnya melalui online juga pada web resminya yaitu http://span-ptkin.ac.id/, dan pada web tersebut terdapat menu dafatar. dan silahkan anda selesaikan pendaftaran terlebih dahulu hingga selesai, artinya pendaftaran nantinya berahir dengan anda mengirim alamat email Kepala sekolah, dalam hal ini jika kepala sekolah tidak memiliki alamat email maka silahkan anda menggunakan alamat operator yang aktif, dan pada ahirnya validasi dan verifikasi akun sekolah akan di kirim melalui email tersebut, yaitu berupa nama akun serta password, baru anda bisa masuk ke web SPAN PTKIN.

Dan jika anda telah selesai mendafkan akun sekolah maka kini saatnya anda akan mendaftarkan siswa/calon mahasiswa tersebut yaitu membuatkan akun sekalian agar siswa tersebut bisa login dengan akun mereka sendiri yang telah di buatkan oleh operator sekolah, untuk lebih gamblangnya demikianlah langkah-langkahnya yang telah saya sertakan dengan gambar agar anda lebih faham dan cepat mendaftar agar tidak terlambat:

1. Anda sebagai pihak sekolah/madrasah/operator silahkan anda login menggunakan akun dan password yang telah di kirim oleh pihak cs SPAN PTKIN yang telah di kirimkan melalui email yang telah anda ajukan pada laman yang beralamat http://span-ptkin.ac.id/, Seperti yang telah saya katakan di atas jika anda belum pernah mendaftarkan sekolah/madrasah anda, maka silahkan anda pilih "daftarkan sekolah" seperti pada gambar berikut:

Alur Pendaftaran Kuliah di SPAN-PTKIN secara Online

2. Setelah anda login menggunakan akun dan password yang telah di kirim tim SPAN PTKIN maka nantinya akan terbuka seperti pada laman berikut:

kuliyah gratis

3. Pada laman di atas silahakan anda pilih Program urusan sekolah/madrasah anda, kemudian isi juga jumlah sisiwa yang baru lulus, yang akan anda daftarkan tersebut, dan di lanjutkan klik "Simpan" Jangan anda klik simpan sebelum anda yakin yang anda pilih benar, karena jika anda telah memilih/klik tombol simpan maka sitstem langsung tersimpan dan tidak bisa dirubah lagi, jadi yakinkan bahwa jurusan dan jumlah siswa anda benar. dan natinya akan muncul jendela baru seperti demikian:

daftar kuliyah onine

4. Jika telah tampil seperti laman di atas maka silahkan anda pilih menu tab "Borang nilai KKM" yang nantinya akan muncul jendela baru lagi seperti berikut:

cara daftar di span ptkin
5. Dan disini saatnya anda isi data-data siswa anda mulai dari nilai secara langsung dari semester 1-2 kelas 10, semester 1-2 Kelas 11, dan nilai semester 1-2 kelas 12, dan anda pun juga bisa mengunduh file excelnya terebih dahulu jika anda kurang yakin nilai yang anda input benar. dan jika selesai maka bisa menguploadnya kembali. dan silahkan anda lanjutkan karena sedikit lagi anda selesai. saya rasa anda sudah bisa melanjutkan sendiri karena akan ada panduannya juga.

Baiklah demikianlah alur untuk mendaftar kuliah secara online di SPAN PTKIN secara gratis. buruan sebelum pendaftaran di tutup. semoga bermanfaat, sampai jumpa salam. jangan lewatkan juga Download Formulir Pendaftaran Siswa semua Jenjang

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alur Pendaftaran Kuliah di SPAN-PTKIN secara Online"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top