Cara memperbaiki keyboard yang error pada laptop



Sebuah kejenuhan tersendiri jika kita mengalami sebuah kendala atau masalah seperti errornya sebuah keyboard laptope atau komputer kita, adakalanya karena huruf yang sering terulang-ulang padahala kita hanya melakukan hanya satu kali klik, dan ada juga seperti tombol huruf yang sering tertukar dengan angka, misalkan kita mengetikkan huruf "K" malah yang muncul angka 2 kan jadi aneh, keanehan tersebut katakan saja error pada keyboard kita. lalu bagaimanakah untuk mengatasi/memperbaiki keyboard yang error seperti huruf selalu tertukar dengan angka? maka disini saya akan membagikan sebuah tips sederhana untuk anda ketahui.

Cek Kenormalan kerja keyboard

1. Anda bisa mengecek apakah keyboard anda bekerja secara normal atau tidak dengan cara menekan pada  tombol Fn+F11 yang dilakukan bersamaan, lalu silahkan anda coba ketik keyboard laptop anda sudah bisa berfungsi secara normal atau belum. hal ini untuk memeriksa apakah fungsi numlk/Numlock pada aktif atau tidak karena jika fungsi numlk/Numlock keyboar laptope anda aktif maka wajar tombol huruf menjadi angka, jadi anda harus menonaktifkan terlebih dahulu fungsi NumLK/Numlock nya dengan cara tersebut yairu dengan menekan tombol Fn+F11, beda laptope beda cara kayaknya. Numlock atau numeric lock jika pada laptop hp maka sama dengan cara tersebut.

2. Pengecekan kedua jika anda belum berhasil dalam melakukan langkah di atas adalah silahkan anda tekan tombol "Fn" lalu di lanjutkan dengan menekan tombol "NumLk" atau "Numlock" pada keyboard, hal ini juga sama untuk memeriksa aktif atau tidak fungsi Numlock nya jika aktif maka silahkan anda ulangi lagi tekan cara tersebut.

Jika tanpa masalah pada langkah-langkah di atas berarti kerusakan sudah lumyan ne, jadi jika yang akan anda perbaiki adalah laptope maka anda butuh membersihkan keyboar laptope anda, namun jika anda takut untuk membongkarnya maka jangan anda lakukan karena membuka mesin laptope sangat rentang denga kerusakan tanpa ahlinya, dan jika yang akan anda benahi adalah komputer maka silahkan anda lepas terlebih dahulu kabel USB yang tersambung antara CPU dang Monitor siapa tahu ada sambungan yang rusak pada USBnya.

Jika anda belum berhasil juga dan tidak berani untuk membongkar keyboar laptop maka silahkan anda bawa ke bengkel tempat service laptope terdekat untuk menghindari kerusakan yang merambat. Jika anda belum punya modal juga untuk jasa servicenya karena lebih mementingkan untuk beli paket internet saja heh, maka ada solusi terahir.


Solusi alternatif

Jadi jika anda tidak berhasil dalam memperbaiki keyboard yang rusak dan tidak mau mengeluarkan modal servis maka ada solusi alternatif untuk anda manfaatkan tanpa anda servis laptope anda yaitu dengan cara memanfaatkan screnshot keyboard, artinya anda akan memasang keyboard pada layar monitor dengan cara silahkan anda ketik "osk"atau "on-screen keyboard" pada search program yang letaknya bisa anda temukan setelah menekan tombol "star menu" maka anda pun bisa menekan tombol layaknya pada keyboar laptope anda. seperti pada gambar keyboar diatas, dan bisa juga anda rubah mode bahasa arab jika pada laptope anda telah anda setting/tambahkan language saudi arabia sehingga akan lebih memudahkan mengetahui letak huruf-huruf arabnya.

Ok demikianlah sharing kami tentang Cara memperbaiki keyboard yang error pada laptop, jadi intinya bawa saja ke ahlinya dan disitu anda sambil bertanya hitung-hitung sambil mengambil ilmunya kenapa bisa rusak, dan lihat cara memperbaikinya. semoga bermanfaat, sampai jumpa salam, jangan lewatkan juga Cara Mengganti password email gmail

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara memperbaiki keyboard yang error pada laptop"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top