Apa Perbedaan Domain dan Hosting?



Perbedaan Domain dan Hosting

Apakah domain itu dan apa itu hosting? Mungkin anda bertanya-tanga sebenarnya apa yang dinamakan domain dan apa yang dinamakan hosting, secara sederhana saya domain adalah nama blog/website atau situs anda sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file blog/websitenya. Sekarang akan saya ibaratkan anda mempunyai sebuah toko atau warung dalam perdagangan, anda tentunya ingin membuat NAMA toko serta akan mencari TEMPAT (kontrakan) toko tersebut untuk menyimpan barang-barang yang akan anda jual. Nah dalam hal ini domain ibarat sebuah NAMA  toko anda, sedangkan Hosting adalah TEMPAT (Kontrakan) toko tersebut, bagaimana..? paham kan. Jadi jika anda ingin terjun bisnis marketing secara online anda akan membutuhkan sebuah domain serta hostingya terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara mendapatkan domain dan hosting tersebut? Silahkan anda teruskan membaca untuk mengetahui terlebih dahulu macam-macam domain dan hosting.

Perbedaan Domain dan Hosting

Macam-macam domain

Domain yang telah saya jelaskan di atas (nama website), anda akan bisa mendapatkan dengan dua cara yaitu secara gratis dan secara berbayar. Jadi demikianlah macam-macam domain untuk anda ketahui terlebih dahulu sebelum membangun website:

1. Domain gratis
Anda bisa saja mendapatkan domain gratis yang telah di sediakan oleh penyedia, dan selama ini yang masih popular dari domain gratis tersebut adalah milik google yaitu blogger.com yang nantinya domain anda akan mempunyai cirikhas atau embel-embel atau apalah namanya yang intinya domain anda jika membuat dari blogger ini akan berahiran blogspot.com, Seperti contoh jika anda ingin membuat nama blog dengan NAMA “tentangwebsites”, maka nantinya otomatis akan menjadi “tentangwebsites.blogspot.com” dan anda pun tanpa membayar ke pihak Google karena memang disediakan secara Cuma-Cuma alias gratis. Dan ada juga penyedia domain gratis yang lumayan populer kedua setelah blogspot adalah Wordpress, jadi sama saja jika anda ingin membuat NAMA domain anda melalui wordpress.com, yaitu layanan media sosial blogging yang diciptakan oleh Matt Mullenweg ini maka NAMA domain anda ini natinya akan berahiran wordpress setelah nama domain misalnya domain anda bernama “imammuttaqin58” maka nantinya akan menjadi imammuttaqin58.worpress.com, namun wordpress ini tidak support dengan Google AdSense kecuali jika sudah Self Hosting.

Itulah dua layanan untuk membuat domain secara gratis yang cukup popular, sebenarnya masih banyak layanan untuk membuat domain gratisan sekain dua di atas, namun saya rasa anda suka yang popular-populer, misalnya layanan media social blogging “Tumblr”, ini juga di sediakan secara gratis untuk membuat domain anda. Adapun Tumblr ini di ciptakan oleh ceo yang bernama David Karp, namun layanan blogging tumblr ini pada tahun 2013 sudah di beli oleh Yahoo dengan harga yang fantastis yaitu senilai USD 1,1 miliar atau jika di rupiahkan sekitar Rp 10 triliun, mantab kan? Cukup untuk anak cucu 7 turunan.
Dengan harga senilai itu Ceo wordpress Matt Mullenweg, menilai bahwa harga USD 1,1 miliar atau Rp 10 triliun itu masih di anggap murah, karena ia menilai harga USD 1,1 miliar ini masih ¼ harga tumblr untuk kedepannya. Dan setelah tumblr di akuisisi oleh Yahoo maka pengguna Tumblr banyak yang lari ke wordpress karena meraka takut dengan kejadian-kejadian yang sudah lewat, kejadian apa? Masih ingatkah anda di tahun 2010 silam dengan layanan media social blogging berbasis lokasi yaitu “Koprol” yang diciptakan oleh anak bangsa, setelah koprol di beli Yahoo ternyata pada ahirnya layanan koprol tersebut ditutup. Apa nasibnya? Yah lumayan mengecewakan, namun bagaimana lagi jika sudak di pindah tangankan hak? Tentu terserah yang punya hak yaitu yahoo.
Begitu juga ada layanan blogging yang bernama “Multiply” yang pada ahirnya di tutup setelah di beli, jadi itulah namanya bisnis, para pakar bisnis akan melakukan strategi-strateginya dalam meningkatkan pendapatannya.

2. Domain berbayar
Kita lanjutkan pembahasan yaitu macam domain yang kedua yaitu domain berbayar, dimana anda nantinya bisa membuat NAMA toko / NAMA domain anda dengan cara membayar terlebih dahulu, apa istimewanya? Dengan layanan domain berbayar ini nanti NAMA domain anda tidak ada embel-embelnya lagi seperti tambahan ahiran “blogspot”, “wordpres” atau “Tumblr” jadi langsung berahiran .com, co, co.id, .info, net dan lain sebagainya, dan andapun bisa menentukan secara bebas calon NAMA toko anda selagi masih tersedia artinya NAMA belum di pakai pengguna lain yang telah mendahului anda, misalkan anda ingin membuat NAMA domain anda dengan “tentangwebsites” dan anda ingin memilih yang berahiran .com maka nantinya NAMA domain anda akan menjadi tetangwebsites.com, jika tidak tersedia karena sudah di gunakan oleh pengguna lain maka anda juga bisa memilih misalkan tentangwebsites.net siapa tahu belum ada yang memakainya NAMA domain tersebut. Dan saya pernah juga menggunakan domain berbayar ini dari pihak penyedia yaitu idhostinger.

Jadi jika anda memilih layanan domain berbayar ini maka systemnya adalah main kontrak, jadi anda bisa menggunakan NAMA domain tersebut setelah anda kontrak (bayar) dengan system tahunan. Harganya pun berfareasi ada berkisaran 100-300 ribu, tergantung ahiran domain tersebut, biasanya yang ahiran .sch akan relative murah karena untuk web sekolah. Dan jika anda tidak memperpanjang kontraknya, maka domain anda tidak bisa lagi di brows oleh mesin telusur, karena pihak penyedia akan melepas domain tersebut dari hak anda karena anda tidak bersedia memperpanjang kontraknya, jadi jika anda menggunakan layanan yang ini silahkan anda pantau tanggal jatuh temponya, dan jika akan jatuh tanggal maka segeralah memerpanjangnya (membayar lagi) jika anda ingin menggunakan domain tersebut, jika tidak ingin memperpanjang karena berbagai alasan maka tidak masalah, namun anda nantinya akan kehilangan NAMA toko/domain tersebut, dan jika tidak anda gunakan lagi dan di pesan oleh pengguna lain, maka NAMA toko andapun akan di miliki oleh kontraktor lain.

Macam-macam Hosting

Begitu juga dengan Hosting tdak beda dengan Domain yaitu ada yang hosting gratis dan ada juga hosting berbayar, untuk yang gratisan itu juga banyak saya contohkan satu saja yaitu hosting dari blogger jika anda sudah menghubungan akun googlenya dengan akun drive dari Google maka anda akan mendapatkan sebuah space ruang penyimpanan file blog anda sebesar 1 Gb (giga byte). Jadi jika anda menggunakan domain gratis dari blogger yang berdomain blogspot mka anda bisa memanfaatkan hosting gratisan ini.

Sedangkan untuk harga dari hosting yang berbayar itupun juga tergantung space dan banwith yang tersedia, semakin kapasitas space dari hostin tersebut maka semakin mahal, maksudnya seperti di atas tadi saya uraikan bahwa hosting itu ibarat toko itu ruang lingkup tokonya tersebut, layaknya anda akan mengkontrak sebuah ruko, maka semakin luas ruangannya maka semakin mahal pula harga kontrakannya, begitu juga dengan hosting yaitu semakin besar space hosting maka smakin mahal harga sewanya, sebagai perbandingan harga sewa hosting itu berkisar 90.000 hingga 8.000.000 an per bulan.

Demikianlah sekilas tentang perbedaan antara domain dengan hosting untuk anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaatbagi pembaca blog tentangwebsites, sampai jumpa salam.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Apa Perbedaan Domain dan Hosting?"

Panjang dan detail artikelnya. Mantap mas, bermanfaat. :)

Alhamdulillah mas jika artikel tentang Perbedaan Domain dan Hosting ini memberi manfaat bagi anda :)

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top