Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel



Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel, Baiklah para teman setia blog tentangwebsites, sekaligus bagi anda yang kebetulan seorang operator data emis, yang notabene mengalami kesulitan saat pengisian emis excell, idak menutup kemungkinan anda akan mengalami yang namanya kode error seperti cek lagi, Error #REF! dan lain sebagainya, untuk mengatasi masalah peringatan "Cek lagi" pada data emis mungkin mudah sekali semisal data tangal lahir siswa Mts/SMP yang telah terisi lengkap terdapat peringatan"Cek lagi" pada kolom validasi, maka kemungkinan besar tahun yang anda masukkan salah, semisal tahun lahir siswa adalah 2002 dan anda isi dengan 1902, tentu sistem akan curiga dengan tahun lahir pada anan yang masih berjenjang Mts/SMP tersebut, dan cara mengatasinya adalah dengan cara merubah tahun saja pada kolom pengisian, setelah anda rubah kolom pengisian pada emis tersebut maka peringatan "Cek lagi" nanti akan langsung menjadi "OK" senang kan, jika kolom validasi terbaca "OK" ^-^

Lalau bagaimana jika peringatan error tersebut berupa kode #Reff!? maka disini akan saya uraikan penyebab serta cara mengatasinya kode error tersebut.

Penyebab Error #REF! pada Emis Excel

Salah satu penyebab adanya peringatan error #Reff! tersebut adalah karena kodenya tertukar dengan kolom lainnya, semisal kolom B:5 tertukar dengan data excel B:12, Sehingga anda bisa mengatasinya dengan cara memperbaiki kode-kode tersebut secara manual. namun pada form emis excell data tersebut telah di protect oleh system sehingga kode-kode tersebut tidak bisa kita temukan. namun anda jangan khawatir, setelah saya utak-atik itu form excel emis dan ahirnya saya menemukan juga cara membuka protectsinya, dan akan saya bagikan sekalian kepada para pemirsa yang kebetulan seorang operator Emis, mengingat sulitnya untuk pendataan emis excel di lembaga/sekolah anda dan semoga cepat selesai.

Cara unprotect data emis excel

Cara ini menurut pengalamanku pribadi, saat saya bingung tidak karuan dengan kode #Reff! tersebut yang tidak enak banget di pandang jika nagkring di excel emis, sehingga saya menuju ke form validasinya dan saya klik tepat pada kolom dan baris yang terdapat kode error #Reff! tersebut dan di sinilah saya menemukan menu "Unprotect" jadi silahkan anda klik kanan dan pilih "Unprotect" jika anda tidak menemukan menu "Unprotect" pada menu klik kanan, maka silahkan anda cari pada sub menu pada menu tab.

Dan setelah anda berhasil menonaktifkan proteksinya maka kode atau rumus fungsi akan nampak jelas dan bisa anda utak-atik, namun ingat jangan anda utak-atik pada kode yang tidak anda paham, karena nantinya emis anda bisa error semua, saran utama saya, silahkan salin atau copy data emis anda sebelum mempraktikkan langkah-langkah ini.

Panduan mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

1. Baiklah, sekarang saatnya kita perbaiki kode tersebut, seperti yang telah saya katakan tadi kode error #Reff! tersebut bisa jadi karena data cell tertukar dengan cell lainnya, perhatikan pada gambar berikut:

Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

2. Coba anda pahami pada gambar di atas, yaitu terdapat kode error berupa #Reff!, dan silahkan anda pahami apakah yang salah? tentu anda akan tahu karena telah saya beri tanda panah serta tanda kotak merah di atas. Pada gambar di atas sudah jelas ada yang salah yaitu pada kolom K:8 namun rumus fungsi tertukar dengan kolom K:10 seperti yang telah say beri tanda panah merah di atas, secara lengkap kode rumus fungsi di atas adalah sebagai berikut:

 =IF('Siswa MA'!K10="","-",IF(LEN('Siswa MA'!K10)<>18,"Tidak valid",IF(VALUE('Siswa MA'!K10)<0,"Cek lagi","#REF!")))


3. Sehingga untuk mengatasinya silahkan anda rubah kode K:10 dengan K:8, Perubahan ini berlaku juga pada kode-kode selanjutnya yang masih pada cell tersebut yang menggunakan kode K:10, karena kemungkinan fungsi rumus akan panjang. Dan terahir silahkan anda klik "Enter" Sehingga kode akan menjadi :

=IF('Siswa MA'!K8="","-",IF(LEN('Siswa MA'!K8)<>18,"Tidak valid",IF(VALUE('Siswa MA'!K8)<0,"Cek lagi","#OK")))


Dan silahkan anda lihat hasilnya, maka kode error pun akan hilang dari pemandangan buruk pada ceel data emis excel anda:

Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

Ok demikianlah pemirsa blog tentangwebsitesblogspotcom untuk Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel, semoga memberi manfaat bagi pemirsa sekalian, salam. jangan lewatkan juga cara-cara menarik lainnya pada post lainnya juga: Panduan Verval SP melalui Emis Pendis SDM

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top