Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi



Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, Seperti yang telah kita ketahui merosotnya Indonesia dalam bidang Pendidikan ini membuat kami ingin menguraikan beberapa Manfaat teknologi informasi dan komunikasi ke khalayak ramai sehingga dengan mengetahui betapa banyak serta besarnya potensi-potensi teknologi informasi dan komunikasi ini untuk kemajuan Pendidikan kususnya Negara Indinesia.

Kami uraikan objek pembahasan ini lebih kami fokuskan kepada peserta didik dalam sebuah lembaga sekolah atau madrasah, karena merekalah yang kelak akan memimpin Indonesia juga. Sehingga sebagai generasi muda saatnya mengetahui betapa besar manfaat-manfaat teknologi informasi dan komunikasi bagi dirinya serta negaranya, dan jika ia memimpin Indonesia bisa langsung menerapkan Manfaat-manfaat Teknologi Informasi dan komunikasi ini dalam membangun negara Indonesia agar lebih baik lagi.

Jadi sudah saatnya semua kalangan kususnya para siswa baik pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, serta mahasiswa megetahui manfaat-manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dari sekarang juga.

Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi


Manfaat-manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dan sebelum saya uraikan lebih lanjut tentang langkah yang harus di lakukan untuk Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, maka sebaiknya anda pahami terlebih dahulu manfat-manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, di antaranya adalah:
  1. Bidang Pendidikan
  2. Bidang Perkantoran
  3. Bidang Perdagangan
  4. Bidang Perbankan
  5. Bidang Penerbangan
  6. Bidang elektronik 

1. Bidang Pendidikan

Yang pertama adalah dalam bidang pembelajaran atau pendidikan, jika para guru mampu mengoperasikan sebuah alat-alat komunikasi dengan baik dan benar maka akan mengetahui betapa besarnya manfaat dari teknologi komunikasi dan informasi yang nyata selama ini. namun nyatanya masih banyak juga para pendidik atau para guru yang masih minim dalam mengoperasikan sebuah alatnya, jadi ada sebuah hambatan yang perlu perbaiki terlebih dahulu.

Seperti misalnya, pembelajaran tentang masalah Ilmu IPA, dengan memiliki sebuah proyektor yang di pasang di depan, dan bisa di lihat oleh para siswa-siwi sekolah/madrasah, maka para guru akan mudah untuk menyampaikan sebuah informasi yang di maksud dengan lantaran teknologi yang ada. dengan begitu para siswa pun akan cepat faham, dan mengerti. dan jika ini di ajarkan sejak dini, maka para siswa pun tidak akan menjadi gaptek, atau gagap teknologi.

2. Bidang Perkantoran

Begitu juga dalam bidang perkantoran, seperti sekolah atau madrasah maka dengan teknologi komunikasi serta komunikasi ini akan memudahkan dalam melayanai konsumennya seperti adanya mesin penjawab telephon secara otomatis, pengolah kata dengan mesin komunikasi baik berupa text maupun faxs.

3. Bidang Perdagangan

Bisnis perdagangan yang di geluti para perusahaan baik dari sekala bawah, mengah, dan keatas, tentu akan lebih efektif dan efisien dalam mengembangkan sayap bisnisnya dalam perdagangan menghasilkan laba. untuk membuat sistem yang dapat mengecek sebuah harga misalnya, maka akan memudahkan layanan kepada para konsumennya. dan jika pada perusahaan yang sudah cukup besar maka akan lebih menekankan dalam pengawasan, solusi yang efektif adalah alat pemindai atau scanner, sehingga pemilik perusahaan akan merasa tenang dengan teknologi tersebut. Jika anda sudah memiliki sebuah komputer yang telah terkoneksi ke internet, maka bisa dikatan apa saja yang anda inginkan akan muncul, anda malas keluar membeli pulsa, maka anda bisa manfaatkan TIK, anda malas keluar membayar transaksi perdagangan melalui ATM, maka anda bisa menggunkana internet banking, dan masih banyak manfaat-manfaat yang lain dari Teknologi komunikasi dan informasi.

4. Bidang Perbankan

Dalam dunia perbangkan apa lagi sangat membutuhkan teknologi ini, seperti untuk melayani para nasabah dalam pembuatan rekening, mengadakan mesin teller yang bisa otomatis, ATM (Anjungan Tunai Mandiri). sehingga sangat memudahkan bagi nasabahnya yang tidak bisa menarik uang tunai dari bank seperti karena hari libur, karena bisa di tarik melalui ATM ini.

5. Bidang Penerbangan

Dengan adanya teknologi Informasi serta komunikasi ini bisa saja Mengatur beberapa jadwal penerbangan atau flight scheduling. apalagi jika ada sebuah jadwal yang batal maka dengan teknologi bisa untuk di manfaatkan sebagai perubahan jadwal terbang atau Itinerary change secara cepat dan mudah. di sisi lain bisa juga untuk penjualan tiket-tiket penerbangan. dan dari pihak pilot pesawat akan mengetahui apa saja yang perlu ia perbuat (flight progres checks)

6. Bidang elektronik

yang ini bisa di rasakan dari segala bidang manusia, baik dari pejabat, rakyat, pendidik, pedagang, pengusaha, buruh, maka sudah bisa merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan adanya sebuah teknologi yang telah maju seperti email (elektronik mail). jika orang telah mengenal email, maka ia sedikit tahu tentang menggunakan email yang di bilang cukup mudah dan simpel, dan di situ bisa untuk mengirim bukan hanya sebatas tulisan text saja, namun bisa untuk mengirim sebuah file, gambar, audio, dan lain sebagainya. sehingga sangat memudahkan untuk beraktifitas, dan pekerjaan anda. bahkan vidio call yang sudah bisa kita gunakan akan menambah betapa mudahnya berkomunikasi dengan bertatap muka sekaligus saat menelphone para teman, keluarga kita.

Jadi kini anda telah tahu betapa besarnya manfaat-manfaat yang akan anda peroleh jika anda mengenal tentang teknologi informasi dan komunikasi yang sudah meraja lela serta dapat memanfaatkan dengan baik dan benar, dan pada intinya adalah untuk Membantu Pekerjaan Manusia Lebih Mudah, apapun pekerjaan anda, dan jika kebetulan anda bingung dengan istilah yang anda kerjakan maka anda bisa langsung tanya ke google, istilah-istilah yang belum anda ketahui, maka google akan siap menjawab 24 jam. semisal anda seorang guru, dan tidak mengetahui NISN siswa maka anda bisa browsing di web referensi data kemdikbud, semisal anda tidak tahu besaran nilai pajak, maka anda bisa kunjungi pada web pajak, jika anda ingin membeli sebuah peralatan elektronik, maka anda bisa pesan di tokopedia dan toko-toko online lainnya, sehingga dengan tanpa keluar rumah barang pesanan anda akan datang dengan sednirinya, mudah bukan?

Selain daripada itu, teknologi ini bisa saja menyelamatkan Indonesia dari pelaku Koruptor, seperti yang telah di terapkan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam menghambat adanya korupsi yang meraja lela di negeri Indonesia, dengan adanya teknologi alat yang di pakai dalam merekam percakapan melalui sambungan telephon bisa menangkap para pelaku koruptor yang nyaatanya menggrogoti Negeri Indonesia tanpa sadar.

Kiat-kiat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk membangun Indonesia

seperti yang tlah kami sampaikan di atas, setelah anda mengetahui betapa besarnya manfaat yang di peroleh dari teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, maka kini saatnya langkah untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk membangun Indonesia lebih maju lagi.

1. Kenali dan pahami teknologi Informasi dan komunikasi

Dengan ini berarti kami mengajak anda semua untuk belajar lagi tentang teknologi-teknologi yang berkenaan dengan informasi dan komunikasi seperti email, blog, website, aplikasi pemrograman dan lain sebagainya, sehingga setelah anda tahu dan paham dengan masalah tersebut maka nantinya akan memudahkan anda untuk menerapkan seperti pemasaran produk indonesia, dimana anda pasarkan melalui blog atau website dan media sosial lainnya.

2. Tingkatkan informasi positif

Layaknya dunia nyata, kita bisa menebar informasi posisitif dan informasi negatif, jika kita ingin membangun sebuah negara maka bisa saja kita meningkatkan informasi yang bersifat positif pada blognya dan menghindari informasi negatif seperti menyinggung SARA, seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan agama, jika kita tidak pandai-pandai mempublish sebuah informasi maka bisa saja para pembaca terprofokasi dengan tulisan yang telah anda buat, dengan begitu anda tidak membangun indonesia bahkan mengikis NKRI. jadi buatlah teknologi informasi ini dengan netral/independen dan berjiwa patriotisme. apalagi anda sebagai seorang blogger atau pemilik blog, baik untuk anda gunakan sekedar sharing atau bisnis, maka perlu anda pertimbangkan artikel yang anda buat, jangan sampai menimbulkan potensi-potensi yang memecah belah bangsa.

Simak juga : Potensi blog untuk generasi muda

3. Gali Manfaatnya dan action

Materi tanpa praktik percuma, praktik tanpa materi bisa keblinger, jadi kedua-duanya sangatlah penting, silahkan anda gali serta pahami potensi-potensi dari sebuah teknologi informasi dan komunikasi untuk anda praktikkan. jadi jangan malas-malas untuk belajar dan menggali ilmu yang belum anda miliki.

Demikianlah kajian tentang Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, semoga bermanfaat dan tergugah, salam. simak juga cara merubah file word ke jpg, jpeg, png

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
8 Komentar untuk "Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Hehe, gpl maz. Semoga artikel tentang membangun indonesia melalui teknologi informasi ini bisa menjadi sandaran OTW.

Ikutan juga to hehe. Tapi salut Pembahasannya tentang teknologi informasi dan komunikasi nya lebih terstruktur. Salam blogger newbi

ya itulah artikel tentang Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi hasil menulis lari cepat haha

Mantab surantab mas,he, saya juga sudah lihat artikel milik mas krisna tentang Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan saya pahami lebih ke usernya, jika saya lebih memajukan pendidikan dalam ikut serta membangun indonesia raya, merdeka..!

Semoga artikel semangat untuk ikut serta Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ini bukan hanya sekedar mantab namun terlaksana dengan baik. Merdeka..!!

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top