Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui



Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui, Sebagai seorang desain grafis kususnya pada editor foto berbasis vektor yaitu corelDraw, maka anda perlu mengetahui Sistem pewarnaan dalam aplikasi corelDraw tersebut, karena dalam mewarnai sebuah foto atau objek yang sedang anda edit akan mempengaruhi hasilnya, jika anda tepat menggunakan sistem pewarnaan yang seharusnya anda pakai maka hasilnya akan lebih bagus dan indah, seperti contoh pewarnaan banner untuk di cetak dan banner untuk di tampilkan di web, yang mana jika kedua banner tersebut di buat melalui aplikasi corelDraw maka ada sebuah trik tersendiri agar hasilnya tampak indah dan bagus. sistem pewarnaan pada kedua banner tersebut juga berbeda, walaupun pada kenyataannya anda akan tetap berhasil membuatnya tanpa ada sistem yang di terapkan saat edit, namun lihat saja nantinya jika anda tambah trik yang satu ini yang akan kami bahas secara sederhana untuk para pemula khususnya.

Maka di sini perlu saya uraikan sedikit tentang 2 macam sistem pewarnaan dalam program foto editor corelDraw terlebih dahulu agar para pemirsa seklian lebih dapat menangkap apa yang saya maksud nantinya, walaupun ada banyak sistem pewarnaan yang ada pada corelDraw namun saya akan membahas kedua ini yang sangat sering di gunakan oleh para desain grafis:

Simak juga :  Cara memberi warna kombinasi pada objek di corelDraw

2 Macam sistem pewarnaan di corelDraw

Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya aplikasi yang di gunakan untuk edit objek yang berbasis vektor yang lumayan bagus adalah corelDraw, sehingga banyak sekali pengguna corelDraw ini daripada aplikasi edit objek foto yang lain, untuk mendapatkan softwarenya pun cukup mudah anda bisa browsing di internet karena sudah banyak di pasaran secara gratis.

Dalam corelDraw ini terdapat 2 macam sistem peawarnaa yang sering di gunakan yaitu CMYK dan RGB.CMYK adalah kepanjangan dari (Cyan, Magenta, Yellow, Black) artinya warna cyan, magenta, kuning dan hitam segagai warna dasar. sedangkan maksud RGB adalah RGB (Red, Green, Blue) artinya, Red adalah merah, Green hijau dan Blu biru. kedua sitem baik CMYK maupun RGB masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. CMYK yang bisa menampilkan berjuta-juta warna sehingga sangat cocok untuk mengolah foto atau objek yang akan di print out, sedangkan RGB yang dapat memberikan kecerahan warna namun kurang cocok jika hasil olahan nantinya untuk d print out dan cocoknya adalah untuk di tampilkan pada sistem layar atau LCD, sehingga jika untuk banner web maka yang cocok sistem pewarnaan yang di gunakan adalah menggunakan RGB.

Begitu juga sebaliknya sistem pewarnaan menggunakan CMYK kurang cocok jika hasil olahan nantinya akan di tampilkan pada sebuah layar atau lcd, presentase atau lainnya. Sistem pewarnaan dalam dunia desain grafis yang lumayan terkenal dan umum digunakan dalam dunia percetakan yang merupakan sistem pewarnaan 32 bit adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) yang bekerja pada dasar warna putih (kertas). Dari kombinasi beberapa warna tersebut dapat dihasilkan hingga berjuta-juta warna yang dapat dilihat pada media percetakan, seperti printer warna dan mesin cetak separasi.

Sedangkan Sistem pewarnaan RGB (Red, Green, Blue) adalah jenis pewarnaan 24 bit (True Color) yang dihasilkan dari pencampuran warna dasar merah, hijau dan biru. Ketiga warna tersebut bekerja pada dasar hitam (tanpa cahaya). Sistem pewarnaan ini umum digunakan pada televisi berwarna, dan pada monitor, dan banyak juga untuk mencetak foto-foto.

Jadi jika kita telah mengetahui bagaimana sistem pewarnaan di terapkan yang tepat pada objek atau foto agar hasilnya sempurna, seperti yang telah saya uraikan sedikit tentang banner untuk web di atas, untuk membuat banner pada website sistem pewarnaan yang tepat adalah menggunakan Sistem pewarnaan RGB (Red, Green, Blue) sedangkan untuk membuat brosur atau kartu nama sebaiknya menggunakan sistem warna CMYK saat akan di print out, jika anda saat edit foto ataupun objek maka anda bisa berfikir terlebih dahulu apakah yang menjadi ukuran kehalusan grafis vektor dan bitmap, sehingga saat edit menggunakan sistem pewarnaan RGB walaupun nantinya hasil akan anda print out maka tidak masalah asalkan saat akan di print out maka silahkan anda rubah terlebih dahulu sistem pewarnaan menjadi CMYK terlebih dahulu.

Dalam lembar kerja dalam coreldraw atau di sebut dengan canvas, maka anda bisa mengkreasikan pewarnaan dengan mudah jika warna canvas coreldraw anda buat besar saja, Baiklah langsung saja kita praktikkan untuk berkreasi mewarnai objek pada aplikasi corelDraw sebagai berikut:

Praktik Pewarnaan menggnakan corelDraw
Banyaknya model pewarnaan yang dapat di gunakan memudahkan kita untuk memilih mana yang baik menurut kita masing-masing dan disini saya akan membuat sebuah lingkaran yang bisa di buat dengan elipse tool dan di warnai menggunakan smart fill tool pada toolbox:

Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui

Setelaha kita membuat sebuah objek elipse atau lingkaran seperti di atas, maka untuk memberi warna pada objek tersebut silahkan pilih "Smart fill tool" seperti pada tanda panah nomr dua, sehingga jadinya seperti berikut:

Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui

Sedangkan untuk memilih warna anda bisa menentukan pada pallet warna di sisi kanan anda, tinggal klik mouse untuk mewarnai tengah objek, sedangkan untuk memberi warna sisi atau piggir maka anda bisa menggunakan klik kanan tepat pada warna yang anda pilih, sedangkan untuk menghilangkan warna sisi atau garis pinggir maka anda bisa memilih lambang seperti perangko, dan untuk memilih ketebalan garis pinggir anda bisa menentukan pada menu navigasi select option tipe, dan nantinya ada beberapa pilihan ketebalan garis pinggir semisal 3.0 pt seperti pada gambar di bawah yang saya beri tanda kotak merah serta panah di bawah ini.
Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui
Anda juga bisa menggunakan fill tool dalam mewarnai sebuah objek, blend tool dan interactive fill tool pada menu toolbox juga,sedangkan untuk memilih sistem pewarnaan RGB atau CMYK yaitu tepatnya pada sisi kanan anda juga berdekatan dengan pallet warna:
Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui
di sana terdapat banyak mode pewarnaan yang tidak saya sebutkan seperti Web save colors, HSB, HLS, LAB, YIQ, Graysclae atau hitam putih dan registration colors, namun sistem-sistem ini jarang di gunakan oleh para desain grafis,

Demikianlah sharing kami kali ini tentang Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui apalagi sebagai desain grafis, semoga bermanfaat, salam. baca juga artikel menarik lainnya Praktik membuat loggo Nike dengan corelDraw

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top