Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw



Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw, baiklah pemirsa blog tentangwebsites, sebuah materi tentang cara membuat brosur atau pamflet atau poster atau apalah namanya yang penting hasilnya nanti bisa kita manfaatkan. sebenarnya antara brosur, pamflet atau poster itu tidak begitu beda, hanya istilah yang sering di pakai saja namun seringnya ketiga nama tersebut lebih di sebut ;
brosur, biasanya terdapat dua muka, artinya gambarnya bolak-balik untuk ukuran sesuai kebutuhan.
Pamflet, ya hampir sama sih dengan brosur hanya saja pamflet itu hanya satu muka, artinya gambarnya hanya satu sisi saja.

Poster, saya rasa anda lebih jelas lagi apa itu poster, ya hampir sama dengan brosur lah, saya masih ingat saat dulu di sekolah SD, ibu guru mata pelajaran bahasa indonesia saat menjelaskan tentang perbedaan Poster dengan Iklan, beliau menekankan bahwasanya, Poster lebih mengedepankan gambar, sedangkan Iklan lebih mengedepankan tulisan. jadi jika anda membuat poster, tepatnya adalah perbanyak photo, sedikit kata-kata atau tulisan. jika anda mengiklankan sebuah produk anda maka sebaiknya sedikit gambar perbanyak kata-kata atau tulisan.

Kembali ke pembahasan, dalam membuat sebuah Brosur atau pamflet ini, kita akan praktikkan menggunakan program corelDraw, anda bisa menggunakan beberapa versi, bisa vesi x2, x3 dan x4. baiklah langsung saja, demikianlah langkah-langkahnya:

Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw

1. Buka program corelDraw pada Pc/laptope anda
buka atau ambil beberaa photo pada komputer yang akan anda jadikan sebuah hiasan dengan cara klik "OPEN"

Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw

2. Kemudain setelah anda memilih salah satu model kertas, sehubungan kita akan praktik membuat sebuah brosur pamflet maka silahkan anda pilih saja ukuran kertas A4, dan sekarang kita buat sebuat objek kotak, yang bisa anda buat dengan mudah menggunakan rectangle tool pada toolbox, dan beri warna sesuai selera dan disini saya menggunkan warna silver, sepertinya warna silver ini sangat cocok untuk di jadikan sebuah background brosur pamflet.

3. Kemudian silahkan anda buat objek dengan bentuk sesuai selera anda, dengan menggunakan pen tool juga pada toolbox dan di lanjutkan memberi warna dan diisni saya beri warna hijau pada menu pallet colours pada coreldraw tersebut:

Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw


4. Selanjutnya kita akan memasukkan sebuah foto atau gambar yang perlu anda pasangkan pada brosur pamflet tadi, dengan cara pilih file >> import >> cari foto di komputer. jika photo telah aktif pada tampilan corelDraw, maka kini saatnya kita perhias objek foto, dan yang pertama adalah kita buat bentuk photo menjadi bundar atau lingkatran, anda juga bisa memilih bentuk miring atau sesuai selera anda saja, dan dalam pembentukan sebuah objek gambar atau photo maka kita akan memanfaatkan efek power klip, dimana ada sebuah bentuk yang kita buat dan memasukkan foto tersebut maka akan otomatis bentuk foto mengikuti dengan klip yang di pilih.

Misalkan anda ingin bentuk objek photo menjadi miring berarti kita harus membuat sebuah bentuk rectangle tool atau objek kotak kemudain di geser sedikit atasnya, dan di sini saya memberi sebuah contoh memasukkan objek photo ke dalam objek lingkaran adapun caranya adalah silahkan setelah anda memasukkan foto tadi buat objek lingkaran terlebih dahulu tepat di sampingnya, klik objek photo anda dan pilih pada menu tab Effek >>PowerClip >> Please Inside container,  lihat gambar.


Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw


Maka photo pun akan menjadi berbentuk lingkaran, jika anda ingin objek foto berbentuk kotak miring atau jajaran genjang maka anda bisa memenafatakan rectangle tool pada toolbox kemudian anda miringkan kotak sesuai selera. kemudian anda lakukan dengan cara yang sama yaitu Effek >>PowerClip >> Please Inside container. dan disini saya lebih tertarik dengan bentyk lingkaran jadi gambar pun berbentuk lingkaran.

5. Dan setelah itu silahkan anda tambah dengan tulisan atau kata-kata sesuai tema yang akan anda buat, dan di sini saya contohkan dengan tema GCA atau gerakan cinta anak, adapun untuk menambah sebuah tulisan anda bisa menggunakan Text tool pada toolbox yang di lambangkan dengan huruf "A" Sehingga nantinya akan menjadi seperti pada gambar berikut

Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw

6. Untuk memilih jenis warna, maka anda bisa temukan pada Pada tempat warna yang berada di sisi kanan anda, jika anda ingin memberi warna pada tengah objek maka silahkan anda klik kanan, dan jika ingin memberi pada pinggir objek atau outline maka silahkan anda klik kiri pada mouse. tulisan di atas adalah sebagai judul saja, untuk menambah sebuah kata-kata visi, misi atau motivasi anda bisa lakukan dengan langkah yang sama, jika saya contohkan cara-caranya maka akan membutuhkan artikel yang sangat panjang, jadi silahkan anda kreasikan sendiri sesuai selera anda.

Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, demikianlah Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw, semoga artikel yang cukup singkat ini bisa anda manfaatkan sebagai dasar untuk membuat sebuah brousur dengan jenis pamflet. Silahkan simak juga Sistem pewarnaan dalam corelDraw yang perlu anda ketahui

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw"

Terimakasih tutorialnya :D
BTW gan bikin pake MS Word Juga Bisa :D

Sama-sama mas mulki semoga artikel Cara membuat brosur pamflet dengan CorelDraw bermanfaat bagi pengunjung sekalian.

thanks
gurucorel.blogspot.com

This comment has been removed by the author. - Hapus

Deden Riansyah, Ok selamat menikmati artikelnya..

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top