Pengertian peta konsep dan contohnya



Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, kali akan kami bahas pengertian peta konsep dan contohnya, apa itu peta konsep? seperti apa contohnya? disini akan kami bahasa secara detil. secara tajam setajam silet, he. mungkin anda menemukan artikel yang akan saya buat ini tentang pengertian peta konsep dan contohnya, anda mendapat tugas perkuliahan dari dosen, karena saya dulu juga pernah mendapat tugas untuk membuat sebuah peta konsep tersebut. jadi disini akan saya bagikan pengalamanku sekalian untuk para pemirsa blog tentangwebsites, semoga juga ada manfaatnya.

Yang namanya kuliah jika anda mendapatkan sebuah tugas tentu di minta beberapa referensi dari mana anda dapatkan tentang Pengertian peta konsep tersebut, jadi disini sekalian saya sediakan Pengertian peta konsep menurut para ahli beserta contohnya.

Pengertian peta konsep

Peta konsep adalah Sebuah gambaran yang menjelaskan struktur konsep-konsep yang saling berkaitan antar konsep yang lainnya yang menyatakan hubungan yang memiliki makna atau arti dari sebuah materi pelajaran sehingga membentuk sebuah proposisi.

Pengertian peta konsep menurut para ahli

1. Menurut Suparno (2005 : 11) Menagatakan peta konsep adalah suatu gambaran skematis untuk mempresentasikan suatu rangkaian konsep dan kaitan antar konsep-konsep tersebut. Peta konsep juga merupakan kaitan antara konsep-konsep yang mempunyai arti dan makna tertentu.

Lebih lanjut Suparno selain menjelaskan tentang Pengertian peta konsep juga menjelaskan Pemetaan konsep, yaitu Pemetaan konsep merupakan suatu cara yang menunjukkan konsep ilmu secara sistematis, yaitu dimulai dari inti permasalahan sampai pada bagian yang khusus yang masih mempunyai hubungan satu sama lain sehingga membentuk pengetahuan dan mempermudah pemahaman suatu topik pelajaran. Peta konsep digunakan untuk menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proporsi-proporsi.

2. Sedangkan menurut Hudojo, et al (2002) mengemukakan peta konsep adalah keterkaitan antara konsep dan prinsip yang direpresentasikan bagai jaringan konsep yang perlu dikonstruk dan jaringan konsep hasil konstruksi inilah yang disebut peta konsep. Menurut Hudojo ini lebih mengartikan pengertian peta konsep secara konstruksi.

3. Menurut tokoh ahli lainnya yaitu Corebima (2007 : 8) dalam pembelajaran dengan peta konsep, siswa dapat membangun hubungan antar konsep-konsep materi pokok, secara individu maupun kelompok. Dengan menggunakan cara mendapatkan pengetahuan seperti ini.

Dengan begitu para siswa, mahasiswa serta lainnya yang masih ingin terus belajar akan selalu terpacu untuk menemukan sebuah hubungan antara konsep-konsep, meski di tiap tingkatan, dari yang paling umum hingga tingkat yang paling spesifik. Dengan peta konsep, siswa, mahasiswa membangun pemahaman mereka secara konsepatual, sehingga mereka dapat meraih hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dalam pembelajaran yang bermakna.

4. Pengertian lain tentang Peta konsep dalam (Dahar, 1989:123) Peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna.

Dari beberapa pengertian di atas, serta pengertian peta konsep menurut para ahli di atas saya rasa anda sudah cukup jelas dengan apa itu Peta Konsep, dan sekarang langkah untuk contohnya. namun sebelum saya berikan contohnya penting untuk anda ketahui juga yaitu Langkah-langkah menyusun Peta Konsep, agar anda juga bisa membuat sebuah peta konsep sendiri.

Langkah-langkah meyusun peta konsep

Sedangkan untuk membuat sebuah peta konsep yang perlu anda lakukan sebelum membuatnya adalah sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi pokok Materi yang yang akan anda konsep
  2. Mengidentifikasi ide atau konsep sekunder sebagai ide utama.
  3. Tempatkan ide utama di samping, di tengah atau di puncak (Proese pemetaan)
  4. Penerapan konsep, dengan cara Kelompokkan ide sekunder di sekeliling ide utama yang secara visual)


Contoh Peta Konsep

Untuk Contoh peta konsep, disini saya telah praktik membuat sebuah peta konsep tentang Komputer misalnya, anda pun juga bisa membuatnya sendiri di microsoft word, Microsoft powerpoint dan lainnya, jika anda paham dengan istilah bagan, ya itulah kira-kira dalam membuat sebuah peta konsep. yaitu sebagai berikut:

Pengertian peta konsep dan contohnya
Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, demikianlah Pengertian peta konsep dan contohnya serta langkah-langkah untuk membuatnya, semoga bermanfaat bagi pemirsa sekalian sampai jumpa salam. untuk panduan membuat peta konsep di program Microsoft word insyaallah akan saya bagikan pada artikel selanjutnya.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian peta konsep dan contohnya"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top