Cara membuat artikel blog berkualitas



Cara membuat artikel blog berkualitas, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan sebuah panduan Cara membuat artikel blog yang berkualitas, artinya artikel-artikel yang akan anda publish di blog yang anda kelola. kenapa artikel harus berkualitas? karena mesin telusur atau search engin seperti Google sangat menekankan artikel yang berkualitas agar artikel atau tulisan anda bisa tampil di halaman pertama google. Dan jika anda seorang blogger pemburu akun AdSense tentunya sangat menarik untuk anda pertimbangkan masalah ini.

Dulu saya pernah daftar AdSense dan di tolak dengan alasan salah satunya adalah artikel yang kurang memadai, dan saya klik saran yang mengarah ke google support dan di sana saya dapat sebuah pemahaman dari pihak google bahwasanya buatlah artikel yang kaya akan manfaat dan bernilai di mata pengunjung. dari situlah saya memilki sebuah kesimpulan kecil untuk menguraikan Cara untuk membuat artikel blog berkualitas. Sebenarnya artikel yang berkualitas menurut google itu seperti apa dan bagaimana? Baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkah membuat artikel blog berkualitas:

Cara membuat artikel blog berkualitas

Langkah membuat artikel

Perlu anda ketahui sebelum mengetahu cara mebuat sebuah artikel, yaitu Pengertian dari artikel itu sendiri serta macam-macamnya karena macam-macam artikel itu lumayan banyak yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Pengertian artikel

Artikel adalah Karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Artikel

Sedangkan macam-macam artikel di antaranya yaitu :
  1. Artikel Deskripsi
  2. Artikel Narasi
  3. Artikel Eksposisi
  4. Artikel Argumentasi
  5. Artikel Persuasi
  6. Artikel Friendly (Khusus Blogger online pengembang SEO)

Jika saya uraikan pengertian-pengertian artikel di atas kemungkinan memakan banyak waktu dan tempat di sini, jadi akan saya berikan satu contoh dari salah satu Pengertian Artikel Deskripsi beserta contohnya.

 

Pengertian Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak. Saya lebih suka menjulukinya sebagai artikel gambar. Sebab seratus persen artikel ini berisi gambaran keadaan, kejadian, peristiwa. Sumber : caramenulisbuku.com/cara-menulis-artikel/cara-menulis-artikel-yang-baik.htm

Cara Penulisan Artikel Deskripsi
  1. Tentukan objek, berupa keadaan atau konsep yang akan dideskripsikan
  2. Tentukan tujuan penulisan (tersirat)
  3. Tentukan rumusan ide pokok (tersirat)
  4. Kembangkan tulisan anda menjadi urutan. Apakah berdasarkan urutan waktu seperti: pagi-siang-sore, atau urutan jam 4, jam 5, jam 6, atau urutan tahun: tahun 2006, tahun 2007, tahun 2008, atau menggunakan urutan tempat: dari pinggir ke tengah, dari pangkal ke ujung, atau kita ingin memakai urutan kepentingan: dari yang paling penting, penting ke yang kurang penting.
  5. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.

Sebagai contoh artikel Deskripsi anda dapat lihat di laman ini : travel.kompas.com/read/2013/09/13/0946277/Semburat.Senja.di.Pantai.Pulau.Datuk

Sederhananya, Buatlah artikel secara teratur dari pembagian menu dan submenunya, semisal artikel ini yang saya beri judul dengan Cara membuat artikel blog berkualitas" maka saya membuat dengan judul utamanya "Cara membuat artikel blog berkualitas" dan kemudian saya membahas langkah-langkahnya dan seterusnya, jika menggunakan menu maka buatlah teratur, ilustrasinya sebagai berikut, semisal:

A. Latar belakang masalah
  1. Apa itu artikel
  2. Kenapa saya sulit membuat artikel blog berkualitas
B. Pengertian artikel (Pembahasan dan pengembangan)
  1. Pengertian Blog
  2. Pengertian Berkualitas
  3. Langkah pembuatan artikel
  4. Tips Membuat artikel blog yang berkualitas
C. Solusi (Menjawab dari latar belakang masalah yang ada)
D. Kesimpulan

Mirip makalah ya? ya memang karena kerangka Makalah saya anggap sangat strategis juga dan teratur dan lumayan untuk mengambil hati para pembaca, ada permasalahan ada solusi, bahkan ada ilmiahnya juga. Jika anda seorang blogger kemungkinan tidak terlalu mementingkan hal ini, sama seperti saya, ^-^. Sehubungan saya di sini menguraikan terlebih dahulu membuat sebuah artikel maka masih saya uraikan secara umum. lalu bagaimana untuk Cara membuat artikel blog ?

Cara membuat artikel blog

  1. Seperti biasa jika anda seorang blogger pengguna platform blogger dari google maka langsung saja anda klik "new entri" atau " Buat entri baru"
    Cara membuat artikel blog berkualitas
  2. Buat judul artikel
  3. Tulislah artikel blog pada lembar blogger yang telah tersedia
  4. Anggaplah Judul utama blog sebagai Heding 1/H1, untuk Heading 2 /Sub heading jika anda akan membuat sebuah menu pembahasa, dan jika dalam menu pembahasan tersebut terdapat sub menu lagi yang perlu di bahasa maka buat dengan heading 3/minor heading, dll, (H1, H2, H3 Dll) semua agar lebih terstruktur bagi mesin telusur.
    Cara membuat artikel blog berkualitas
  5. Publish, Jika sudah anda anggap baik dan bagus dan selesai pembahasan artikelnya maka untuk mempublikasikannya maka silahkan anda tekan "Publish" atau "Publikasikan" maka artikel anda akan segera di baca oleh dunia, anda pun harus bisa bertanggung jawab dengan artikel yang telah anda buat dunia dan ahirat.

Cara membuat artikel blog berkualitas

Dan kita akan mulai membuat sebuah artikel blog yang berkualitas jadi Setelah anda bisa membuat sebuah artikel, bisa juga membuat artikel blog, maka sekarang kita akan membuat artikel blog yang berkualitas:

Masalah artikel blog, website maka mesin telusurlah yang menilai, penilaian mesin telusur seperti google ini juga bisa mewakili dari para pengguna pembaca artikel tersebut, semakin baik artikel anda baik dan di baca oleh pengguna, maka mesin google pun akan menilai bahwa artikel tersebut baik pula dan berkualitas, semakin pengguna bisa berlama-lama membaca artikel anda maka akan semakin di angap baik oleh google al-hasil trafficnya pun cepat naik. dalam dunia blogging artikel semacam ini biasa di sebut dengan artikel seo friendly yaitu sebuah konten yang memilki traffik tinggi dan berikut contoh membuat artikel seo friendly

  1. Pertama silahkan anda buat judul artikel blog, judul ini yang bagaimana mungkin anda masih di lema juga masalah penentuan judul, Judul ini untuk mesin telusur atau untuk pengguna? kalau menurut saya judul itu untuk pengguna, artinya kita mengira-ngirakan kata kunci apa yang akan di ketikkan oleh pengguna di mesin telusur /google saat akan browsing mencari sebuah materi. 
  2. dan di lanjutkan silahkan anda buat latar belakang pembuatan artikel dengan judul tersebut, kira-kira apa yang membuat anda membuat artikel tentang hal tersebut? Setelah itu silahkan anda suguhkan beberapa pertanyaan sekira pertanyaan tersebut mewakili dari beberapa masalah yang di landa oleh para pengguna dan anda siap akan menjawab/mengatasi permasalahan-permasalahn tersebut sesuai pengalaman
  3. Setelah anda buat judul artikel blog dan hingga sudah jadi sebuah artikel maka akan terasa percuma jika tidak bisa tampil di page one / halaman pertama google, maka kita juga butuh dengan tips agar artikel blog bisa tampil di halaman pertama google, Maka silahkan anda simak juga cara agar posting blog tampil di halaman pertama google
  4. Dan jika sudah bisa tampil di page one maka masih terasa percuma jika kata kunci atau keyword jarang di ketik oleh pengguna, jadi kita juga butuh untuk mengetahui Tips menentukan keyword yang ramai di gunakan oleh pengguna internet dari masing-masing kategori yang anda pilih, Jadi silahkan anda simak juga
    2 Cara Riset Keyword (Mencari Kata Kunci) untuk Optimasi blog
  5. Buatlah pembahasan dengan sistem tuntas, artinya buatlah para pembaca artikel anda menjadi puas dengan yang anda uraikan. dan disinilah kita akan menerapkan apa yang di ajarkan oleh google support yaitu : buatlah artikel yang kaya manfaat dan bernilai bagi pengguna, sehingga para pengguna akan merasa terbantu materi yang anda bagikan dan suatu saat ingin mengunjunginya lagi. jika anda seorang da'i maka akan sebaliknya, buatlah para pendengar anda akan merasa kurang artinya jangan anda tuntaskan pembahasan agar mereka merasa penasaran dan mau lagi untuk mengaji.

Jadi secara sederhana dapat kami simpulkan artikel berkualitas menurut google yaitu di antaranya:
  1. Artikel Kaya Manfaat, artinya memberikan manfaat bagi pembacanya, sehingga jika tidak begitu bermanfaat bagi pengguna/pembaca akan di anggap artikel kurang memadai jadi solusinya anda perbaiki untuk di perlengkap lagi.
  2. Artikel bernilai bagi pengguna (pembaca artikel blog). agak mirip memang dengan yang di atas yaitu atikel yang bermanfaat, namun jika yang kedua ini lebih specifik ke pengalaman penggunaanya, sehingga dia akan merasa terbantu dengan artikel atau konten tersebut dan ingin mengabadikan artikel tersebut jika suatu saat dia lupa akan mengunjunginya lagi.
Semakin banyak kunjungan dari pengguna/Pembaca artikel baik itu bersumber dari mesin telusur seperti google, bing, yandex dan lain sebagainya maupun tautan yang tersimpan di browser para pengguna maka artikel anda akan mendapat nilai baik di mata mesin search engine, begitu pula semakin lama pembaca anda di blog anda maka akan semakin baik juga di mata search engine dan inilah SEO yang sebenarnya menurut saya

Tips:
Buatlah artikel sesuai pengalaman, jika tidak ada pengalaman dan anda ingin membuatnya juga maka carilah referensi dan pasang sumber referensinya, karena pembaca akan suka dengan blogger yang menghargai karya orang lain.

Buatlah artikel menggunakan bahasa anda sendiri, dan tidak perlu memaksakan pikiran dengan meniru bahasa blogger lain, karena ada teman blogger yang juara dalam lomba blog dan meraih juara dan menurut beliau salah satu penyembabnya adalah bahasa ulasan yang sederhana apa adanya. Silahkan anda simak juga artikel menarik lainnya Cara memindahkan postingan blog ke blog lain

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
11 Komentar untuk "Cara membuat artikel blog berkualitas"

Putri, Alhamdulillah mbak jika memang di anggap artikel keren he.

Selain daripada keren semoga artikel tentang cara membuat artikel blog yang berkualitas ini memberi manfaat bagi pemirsa sekalian. Salam blogging...

Ok sama-sama mas triflex, semoga artikel blognya tambah berkualitas..salam blogger.

Lengkap banget pembahasan nya mas. Mantap, semoga saya bisa kya mas Imam diterima Google AdSense. :)

Dalam ngeblog emang yang harus dikonsepin matang adalah artikelnya. dulu saya buat blog asal aja bikin artikel, bahkan hasil copas juga. tapi alhamdulillah sudah sedikit - sedikit tau konsep yang bener bikin artikel

Nino Artikel, Amin mas semoga lekas di terima sebagai publisher AdSense.

Omahblog, Siap tempur ne mas, untuk membuat artikel blog berkualitas. happy earning,,

Amel liya, apanya yang belum bisa di pahami mbak amel tentang cara membuat artikel blog berkualitas ini, mungkin mbak amel belum mengenal lehih dalam tentang dunia blogging?terasa aneh bagi orang yang belum kenal blog, artikel ini memang cocok bagi blogger khususnya yang masih pemula. Salam kenal

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top