Pengertian BIOS beserta Komponennya



Pengertian BIOS beserta Komponen-komponennya, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, untuk melengkapi materi seputar komputer maka disini akan saya bagikan tentang Pengertian BIOS lengkap beserta Komponennya, Jika anda yang suka utak-atik komputre/laptope, suka merakit komputer, teknisi di bidang elektronik komputer/laptope, android, tablet maka sangat menarik untuk anda ketahui dasar-dasar dalam mesin komputer atau laptope, seperti tentang hardware, software, brain dan komponen-komponen lainnya, dan yang tidak kalah penting tentang apa itu BIOS? apa saja Komponen-komponen BIOS? maka disini akan saya bagikan kepada para pemirsa sekalian mengenai hal tersebut, baiklah langsung saja demikianlah penjelasannya:

Pengertian, fungsi dan jenis-jenis BIOS beserta Komponennya


#Pengertian BIOS

adalah singkatan dari Basic Input Output System, Secara sederhana Bios merupakan suatu program yang ditulis dalam bahasa assembly yang bertugas untuk mengatur fungsi-fungsi dari perangkat keras/hardware yang terdapat pada komputer.

Jika dalam wikipedia yang saya baca-baca mengenai Bios ini merucut dalam sistem komputer IBM PC yaitu kepanjangan dari International Business Machines, yaitu sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang memproduksi serta menjual perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/Software komputer. IBM sendiri didirikan pada tanggal 16 Juni 1911, telah beroperasi sejak tahun 1888 dan berpusat di Amerika Serikat tepatnya di Armonk, New York.

Dalam sistem Komputer IBM PC atau kompatibelnya (Komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal Seperti :
  1. Inisialisasi/penyalaan, yang meliputi Pengujian Perangkat keras/Hardware, Dalam proses ini di sebut juga dengan Power On Self Test, POST.
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi (OS)
  3. Mengatur macam-macam konfigurasi dasar dalam komputer (meliputi tanggal, waktu, kinerja, konfigurasi proses booting, kinerja, konfigurasi media penyimpanan, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi serta aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras/hardware dengan menggunakan BIOS Runtime Service.
Pengertian BIOS beserta Komponennya
Gambar : Wikipdia

#Fungsi BIOS

Sekarang kita menuju ke fungsi BIOS, secara sederhana Fungsi utama BIOS adalah sebagai pengatur tahap awal/Start up komputer dan sekaligus sebagai perangkat yang memastikan sistem operasi pada komputer benar-benar telah termuat di bagian memory penyimpanan. dan jika di perluas dari fungsi-fungsi BIOS ini bisa melebar sebagai berikut:
  1. Untuk menjalankan perintah POST (Power On Self Test)
  2. Untuk mengatur Konfigurasi Dasar pada Perangkat Komputer
  3. Untuk memberikan Informasi Dasar pada Perangkat Komputer
  4. Menunjang proses inisialisasi atau penyalaan komputer
  5. Pengaturan media penyimpanan
  6. Pengaturan proses booting 
  7. Pengecekan sejumlah hardware

1). Menjalankan perintah POST (Power On Self Test)

Jika anda pernah menginstal ulang komputer/laptop kemungkinan anda sudah paham dengan masalah ini yaitu jika anda akan mengintal OS (Operasi system) yang akan di terapkan pada komputer tersebut tentu anda butuh dengan BIOS yaitu untuk memastikan tingkat compatibelitas sistem operasi yang ingin dipasang dengan spesifikasi perangkat komputer yang di maksud.

2). Mengatur Konfigurasi Dasar pada Perangkat Komputer

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Cara kerja BIOS dalam konfigurasi perangkat komputer ini adalah dengan memberikan informasi dasar yang dibutuhkan untuk bisa beroperasi. jadi fungsi yang kedua dari BIOS ini adalah Mengatur Konfigurasi dasar perangkat Komputer, Proses konfigurasi ini bisa diatur oleh pengguna Perangkat Komputer sesuai dengan kehendak seperti Pengaturan Keyboard, USB, Mouse dan perangkat lainnya.

3). Memberikan Informasi Dasar pada Perangkat Komputer

Fungsi yang ketiga BIOS Masih mirip dengan fungsi yang nomor 2 di atas, jika yang nomor 2 BIOS sebagai pengatur Konfigurasi dasar pada perangkat Komputer, dan pada fungsi terahir ini BIOS sebagai Pemberi Informasi Dasar. Pernahkan anda melihat drive pada komputer/laptope anda? dan di situ akan ada sebuah informasi mengenai drive ataupun memory yang akan digunakan sebagai media penginstalan sistem operasi pada komputer. jadi Fungsi yang terahir dari BIOS ini adalah untuk memberikan Informasi Dasar perangkat Komputer. untuk fungsi nomor 3 sampai  7 sudah masuk pada dalam kategori fungsi pada nomor 1-3, hanya saya pecah lagi agar anda lebih paham.

#Jenis-jenis BIOS

Selanjutnya Jenis-jenis BIOS, Sebenarnya sangat banyak jenis-jenis BIOS namun pada umumnya Jenis-jenis BIOS yang sering di gunakan Komputer itu ada 3 jeni yaitu :
  1. AMI BIOS
  2. AWARD BIOS
  3. PHOENIX BIO
Untuk detail dari mengenai ketiga Jenis BIOS di atas bisa anda baca pada laman di bawah ini: (http://www.artikelsiana.com/2015/04/BIOS-pengertian-fungsi-jenis-jenis-bios.html)

#Komponen-Komponen pada BIOS

Komponen-komponen ini Agar nantinya BIOS bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung antara lain :
  1. Program BIOS Setup
    Program ini berfungsi untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai keinginan user.
  2. Driver
    Fungsi dari driver ini ditujukan untuk perangkat-perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.
  3. Program Bootstraper Utama
    Program inilah yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang telah kita install sebelumnya. (Sumber : http://www.nesabamedia.com/pengertian-bios-dan-fungsinya-pada-komputer/)
Demikianlah tadi seputar Pengertian BIOS beserta Komponen-komponennya semoga bermanfaat, simak juga artikel menarik lainnya Cara mengatur kecerahan layar laptop asus
Sumber pendukung :
(http://pengertiandefinisi.com/pengertian-bios-dan-fungsinya/)
(https://id.wikipedia.org/wiki/BIOS)
(Gambar : https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:BIOS-Setup.png&filetimestamp=20070418083219&)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Pengertian BIOS beserta Komponennya"

Ok mas hariz.. terima kasih atas kunjungannya..

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top