Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya



Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsits, sekarang kita akan melangkah lebih dekat lagi untuk lebih mengenal seputar Komputer serta komponen-komponen yang berhugungan dengan komputr itu sndiri sprti hardware, Softwar, Brainwar dan lain sbagainya, jadi pada kesempatan ini akan kami bagikan kepada pemirsa sekalian sebuah materi tentang Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya, apa itu Peripheral Device dan apa jenis jenis peripheral? baiklah langsung saja demikianlah penjelasannya mengenai hal tersebut.
Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya

Pengertian Peripheral Device beserta fungsi-fungsinya

Peripheral adalah hardware/prangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer/laptop, pada umumnya dengan bantuan kabel ataupun konksi wireless. yang mana sekarang sudah lumayan banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas untuk membantu komputer dalam menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang telah terpasang didalam casing.

Macam-macam fungsi Peripheral Device

Selain banyak fungsi Peripheral Device juga banyak jenisnya. jika di lihat berdasarkan bentuk fisik Peripheral Device terdapat 2 macam jenis yaitu:
  1. Peripheral utama (main peripheral) yaitu peralatan utama yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. seperti contoh periferal : monitor, keyboard serta mouse.
  2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
    Yaitu peralatan yang tidak harus ada dalam pengoperasian komputer namun diperlukan juga untuk kebutuhan tertentu seperti printer, scanner, modem, web cam dan lain sebagainya.

Sedangkan jika di lihat berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung untuk mengoperasikan komputer maka Peripheral Device di bagi menjadi 2 juga yaitu:
  1. Perangkat input (masukan)
    Yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer/laptope seperti keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone dan lain sebagainya.
  2. Perangkat output (keluaran), yaitu sebuah peralatan yang bisa digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer/laptope. di antaranya monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lain sebagainya.

Contoh peripheral device serta fungsinya :

  1. Keyboard
    Mouse
  2. Monitor
  3. Printer
  4. Scanner
  5. Modem
  6. Microphone dan speaker
  7. LCD Proyektor

1. Keyboard
tentaunya anda sudah tahu apa itu keyboard pada umumnya, tiada lain yaitu sebuah alat yang digunakan untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Jenis-jeninya meliputi : keyboard serial, USB, PS2,Wireless

2. Mouse
Jika di artikan berarti "Tikus" memang bentuknya yang mirip tikus yaitu sebuah alat pada komputer yang berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer pada layar monitor dengan cara menggerakkannya maju-mundur atau kesamping. Jenis-jenisnya : serial, USB, PS2,Wireless

3. Monitor
Monitor apalagi pasti anda sudah mengenal apa itu monitor? yaitu sebuah alat keras yang berfungsi untuk menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Jenis-jenis : CRT monitor, LCD monitor, Touch Screen monitor.

4. Printer
Sebuah perangkat sebagai perantara hasil (output) olahan dari komputer. Fungsinya sudah jelas digunakan untuk mencetak hasil proses/olahan komputer diatas kertas sehingga bisa dibaca.
Jenis-jenis : dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.

5. Scanner
Teknologi semakin maju dengan adanya mesin scanner ini, yaitu sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengambil citra cetakan (image/gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Jenis-jenisnya: handy scanner (bisa dipegang dan digerakkan dengan tangan), flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).

6. Modem
Singkatan dari Modulator Demodulator, yaitu yang berfungsi untuk merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Sebuah sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya. Jenis-jenis : modem External dan Internal.
Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya
Gambar modem external


7. Microphone dan speaker
Yaitu berfungsi untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan dalam komputer, atau mendengarkan musik, suara dari CD, MP3,game atau lainnya.

8. LCD Proyektor
LCD singkatan dari "Liquid Crystal Display" yang merupakan jenis layar panel datar umum digunakan pada perangkat digital, seperti: jam digital, appliance displays dan komputer portabel.sederhanyanya  Berfungsi: untuk menampilkan gambar secara besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar. Dari segi teknologi, proyektor, infocus. Jenis-jenisnya: proyektor yang menggunakan teknologi DLP atau Digital Light Processing (lebih mahal dari LCD) dan satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.

Demikianlah uraian mengenai Pengertian Peripheral Device, jenis-jenis Pengertian Peripheral Device  serta Macam-macam fungsinya secara lengkap, semoga bermanfaat, sampai jumpa. Silahkan anda simak juga artikel menarik lengkap seputar komputer lainnya Pengertian BIOS beserta Komponennya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Peripheral Device dan Macam-macam fungsinya"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top