Cara agar gambar tampil di google map



Cara agar gambar tampil di google map, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com, pernahkah kalian setelah browsing di internet google misalnya dan kedapatan sebuah gambar ulasan di sisi kanan anda..? atau saat anda browsing google map, banyak foto-foto atau gambar yang tampil..? baik itu foto sebuah Pt perusahaan, toko atau warung, restauran, hotel, tempat wisata dan lain sebagainya, kok bisa tampil gitu..? ini di namakan dengan google bisnis atau Google Local Guides, karena dengan cara ini kita bisa target para konsumen dengan sebuah kata kunci agar mereka langsung menemukan apa yang mereka cari dengan di sertai fota. Mungkin bagi yang pernah membuatnya terasa tidak ada yang istimewanya artikel ini, namun jika bagi orang yang newbie tentu membuat penasaran juga untuk cara mmbuatnya, jadi di sini akan saya bagikan tentang cara agar gambar/foto kita bisa tampil di google map atau ulasan.

Saya buat artikel ini karena saya juga sering membuatnya dan alhamdulillah banyak yang berhasil, artinya banyak yang di setujui oleh pihak google untuk di tampilkan, sehingga jika ada seseorang yang mengetikkan dengan kata kunci yang kita target maka akan muncul sebuah gambar ulasan, jika melalui PC/komputer maka akan tampil di sebelah sisi kanan anda, dan jika di browsing melalui android akan langsung tampil paling atas. Sebagai contoh silahkan anda ketikkan di google dengan kata kunci MA Miftahussalam mgang sakti, dan apa yang terjadi..? perhatikan pada hasil berikut ini:

Cara agar gambar tampil di google map

Pada contoh gambar di atas adalah jika kita browsing melalui komputer/PC, dan jika kita browsing melalui smartphone atau ponsel android maka gambar ulasan akan tampil langsung paling atas seperti pada contoh berikut:

Cara agar gambar tampil di google map


Langsung otomatis tampil dari Lokasi sekolahan/Madrasah, Foto/gambar, Jarak menuju lokasi, Nomor telephone, petunjuk, Situs web dan masih banyak lagi. Bagaimana.. apakah anda tertarik..? silahkan anda ikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan berikut ini secara gratis, namun ingat silahkan anda simak secara hati-hati agar anda berhasil:

Langkah-langkah agar gambar tampil di google map

  1. Pertama silahkan anda aktifkan terlebih dahulu Gps ponsel android anda untuk mengaktifkan pendeteksian lokasi, dengan cara usab layar ponsel ke bawah dan klik menu lokasi.
  2. Kemudian anda buka aplikasi Google map pada ponsl android anda, jika pada android anda belum terinstal apk atau aplikasi google map silahkan anda download aplikasinya terlebih dahulu, Gratis kok.
  3. Selanjutnya anda klik pada lambang bulat di pojok kanan bawah ponsel anda, hal ini untuk mengetahui lokasi keberadaan kita menggunakan Gps tersebut agar lokasi bisnis anda seperti restauran, warung, hotel dan lain-lain tepat anda akurat. Jadi usahakan saat anda akan membuat ini keadaan anda tepat di lokasi medan bisnis anda.
  4. Buat pin penanda dengan cara tekan (tahan) agar lebih jelasnya berikut saya brikan screnshotnya:

Cara agar gambar tampil di google map

Pada gambar di atas kan ada simbol biru yang pojok kanan bawah, silahkan anda tekan, maka nantinya otomatis akan melakukan pencarian posisi kita berada, dan hasilnya akan terlihat pada lambang biru yang tengah pada gambar di atas. dan di lanjutkan membuat pin, seperti pada panduan di atas yaitu dengan cara tekan tepat pada lokasi posisi kita (biru tengah) dan nantinya akan ada sebuah pemberitahuan "Pin Dipasang"

Cara agar gambar tampil di google map
Dan klik pada bagian "Pin dipasang" dan nantinya akan muncul sebuah Tanyangan sebagai berikut:

Cara agar gambar tampil di google map
Lalu pilih "Tambahkan tempat yang belum ada" dan nantinya akan muncul sbuah form sbagai berikut:

Cara agar gambar tampil di google map

Pada kolom yang tersedia, Tulis/ketik nama Bisnia anda, jika yang akan anda tampilkan adalah sebuah Sekolahan misalnya, maka cukup anda ketikkan nama sekolahannya saja tanpa alamat, karena sudah tersedia kolom berikutnya untuk memsukkan alamat sekolahannya. Kemudian silahkan anda isi form tersebut seperti Nama toko, atau tempat bisnis anda, nama ini sangat penting untuk anda pikirkan terlebih dahulu, kira-kira target pengunjung anda mengetikkan kata kunci apa, kemudian ketik juga alamatnya, kategori, no telephone, link url situs/blog, websites dan lain sebagainya yang perlu anda isi. jika anda masih bingung bisa anda isi nama dan alamat saja, anda tidak harus mengisi secara lengkap, karena bisa kita edit lagi nantinya. lalu kirim dan tunggu bebrapa menit saja bisnis anda akan muncul di google map.

Untuk kolom alamat, ketikkan alamat sekolah anda secara lengkap mulai dari nama desa, Kecamatan, Kabupaten dan provinsi serta kode post, atau anda perhatikan saat menulis nama desa saja biasanya akn otomatis muncul alamat lengkapnya, maka pilih saja yang itu agar cepat terdeteksi. dan yang terahir silahkan anda Kirim. Selesai sudah pembuatan Pin penanda di google map.

Dari sini anda telah berhasil dalam membuat lokasi bisnis di google map, namun belum ada fotonya, maka jika ada yang mengunjungi lokasi tersebut kurang menarik, untuk menambahkan sebuah gambar/foto pada google bisnis yang baru saja selesai anda buat di google map tersebut maka silahkan anda browsing ke google atau google map dengan kata kunci nama toko anda beserta alamatnya.

Maka nantinya akan tampil di google map paling atas, dan klik gambar tersebut tepat hasilpencariannya dan nantinya akan tampil seperti pada gambar berikut:

Cara agar gambar tampil di google map

Dan saatnya kini kita akan menambahkan sebuah foto/gambar ke google map, setelah Pin penanda tersebut telah tampil di google map, lalu klik hasil pencarian, dan di sini saya mencoba akan Mempromosikan Madrasah Aliyah yang ada di kawasan megang sakti, dan menargetkan dengan kata kunci MA Miftahussalam megang sakti dan berikut hasilnya Pin yang baru saja di buat oleh admin blog tentangwebsites.blogspot tadi akan tampil di pencarian, namun belum ada foto atau gambarnya karena belum saya kirimi foto/gambar pada ulasan tersebut. kemudian anda scrool ke bawah dan pilih "Tambahkan foto" Dan cari foto yang telah anda persiapkan tadi untuk di tampilkan di google map/google bisnis sebagai review toko/Perusahaan anda.

Setelah anda berhasil upload dengan di tandai pemberitahuan dari google "Terima kasih telah mengirmkan foto" maka silahkan tunggu pihak google akan menampilkan, masa penampilan foto tidak secepat pemasangan PIN, jadi anda di harapkan bersabar, bisa 1 menit, 1 hari, bahkan tidak tampil karena tidak di setujui oleh pihak google, jadi silahkan anda kirimkan foto yang benar-benar sesuai realita, dan agar foto tersebut cepat dipercaya oleh pihak google maka buatlah pin sesuai keadaan di situ, dan ambil gambarnya juga di situ (saat ponsel android anda sudah aktif Gpsnya)

Jadi Setelah ponsel android anda memilki aplikasi google map/Gps, dan data kuota yang cukup maka datangi saja ke lokasi yang ingin anda tampilkan dan kemudian jepret.. lokasi, lalu tambahkan foto >> kirim, jepret lagi, tambahkan foto kirim. enak kan..?

Sebenarnya bisa saja tanpa datang tepat di lokasi terlebih dahulu namun sulit untuk menempatkan posisi yang cukup benar dan akurat, dan kebanyakan yang saya buat menggunakan cara datang ke lokasi ini lumayan cepat di respon oleh pihak google bahkan hanya hitungan jari saya cek langsung tampil di google map. dan berikut hasilnya nanti:

Cara agar gambar tampil di google map

Namun di sini anda belum final dalam membuat google bisnis, ada satu langkah lagi agar google bisnis anda terverifkasi dan tidak bisa di utak-atik orang lagi yang usil, yaitu dengan cara mengklaim ulasan, lokasi atau foto yang telah anda bagikan di google map tadi. jadi nantinya setelah anda klaim maka akan ada sebuah notifikasi via email dari google seperti berikut:

Cara agar gambar tampil di google map

Di atas adalah setelah saya membuat sebuah lokasi salah satu Sekolah/Madrasah yang ada di Kecamatan megang sakti, dan kemudian saya kedapatan email yang berbunyi "PIN yang anda minta untuk Google Bisnisku sedang di kirimkan. dan anda tidak bisa verifikasi Google bisnisku tadi sebelum memasukkan PIN nya (verifikasi). jika anda masih bingung untuk langkah-langkah klaim google bisnisku insyaallah akan saya bagikan artikelnya pada post berikutnya karena jari-jariku sudah mulai keriting mas broo.. :)

Jika telah sampai verifikasi Pin maka sudah selesailah pembuatan google bisnisku dan foto anda pun akan tampil di google map, Demikianlah tadi panduan Cara agar gambar foto bisa tampil di google map, semoga bermanfaat, salam

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara agar gambar tampil di google map"

Zainal MuttaQien. wkwk iya mas, narsis/tampil di google Maps itu mudah.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top