Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan



Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan, Baiklah para pemirsa blog tentang websites, kali ini akan saya bagikan seputar kecanggihan google yaitu google dokumen, tiada lain adalah salah satu fitur canggih dari google, di antara fitur yang bisa kita manfaatkan adalah bisa untuk merubah rekaman suara menjadi teks /tulisan. bagi anda yang sedang malas mengetik, malas untuk menjalankan keyboardnya, maka bisa anda manfaatkan agar anda bisa tetap bekerja dengan happy. adapun untuk bisa melakukan Cara merubah rekaman suara menjadi teks atau tulisan ini pada google dokumen anda harus sudah memilki akun google untuk login, jadi jika anda belum memilki akun google/email gmail maka bisa anda daftarkan terlebih dahulu karena langkah-langkahnya sangat mudah.

Cara untuk merubah rekaman suara menjadi sebuah teks atau tulisan yang saya sajikan ini untuk anda pengguna PC/komputer ataupun laptope, bagi karyawan kantor yang sering ada tugas ketik-mengetik, para blogger yang sukanya menulis artikel, para operator yang sering menghadap data maka bisa memanfaatkan layanan ini agar tuganya cepat selesai. dan untuk panduan convert suara/audio menjadi teks/tulisan melalui android bisa anda simak pada cara ini : Cara convert suara menjadi teks via android

Setelah anda memilki akun google maka baru anda bisa menggunakan layanan Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan ini  dengan mudah pada pc/komputer anda, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah untuk merubah rekaman suara menjadi teks/tulisan


  1. Pertama silahkan anda login ke googleDokument
  2. Kemudian Pilih "Start a new document (Blank)" atau jika menggunakan versi bahasa indonesia pilih "Buat dokumen baru, bisa melalu menu atas maupun pada lambang tambah seperti di bawah ini


Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan
3. Kemudian pada tampilan edit googleDokumen pilih menu "Tool" atau "Alat" versi indo
4. Lalau pada submenu alat pilih Voice Typing atau cara cepatnya tekan Ctrl + Shift + S, perhatikan pada gambar berikut:

Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan

Dan silahkan anda rekam suara anda menggunakan microphon, kata-kata yang ingin anda ketik silahkan di keluarkan melalui pembicaraan anda, maka otomatis suara anda akan terconvert menjadi sebuah teks atau tulisan.


Cara kedua merubah rekaman suara menjadi teks

Jika cara di atas tidak berhasil kamu bisa mencoba cara-cara lain yang akan saya bagikan sekalian di sini, yaitu menggunakan  speech recognition, yaitu sebuah aplikasi pengayaan dari Google Chrome, untuk caranya sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan kunjungi situs Google Docs https://docs.google.com, jika kamu belum keluar dari akun google maka kamu bisa langsung kunjungi web resminya untuk masuk tanpa login terlebih dahulu, jika belum login silahkan kamu login terlebih dahulu karena cara ini harus sudah memilki akun google untuk login.
  2. Jika sudah login ke Google Docs, silahkan kamu tekan tab pengaya yang ada di atas lalu klik dapatkan pengaya.
  3. Lalu cari aplikasi yang bernama "Speech recognition" dan install aplikasi tersebut.
  4. Klik + GRATIS untuk menginstall, dan pilih "Izinkan".
  5. Jika aplikasi telah terinstall kemudian silahkan kamu kembali pada google dokumen kalian dan klik tab pengaya yang ada di atas lalu klik "speech recognition" dan klik "Start".
  6. Silahkan kamu tunggu sebentar, lalu pilih bahasaa yang ingin kamu gunakan dan tekan tombol "Mulai" dan silahkan kamu berbicara di depan laptope,



Cara ketiga merubah rekaman suara menjadi teks

Jika cara kedua di atas belum juga berhasil, kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan online lainnya di antaranya adalah dictation, Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk merubah pidato kamu menjadi sebuah teks sempurna, dan juga dalam pengenalan ucapan untuk menulis email dan dokumen di Google Chrome kamu.

Pada layanan ini lumayan akurat mentransformasikan pidato kamu ke teks secara real time. Anda bisa menambahkan paragraf, tanda baca, dan bahkan smiley menggunakan perintah suara, kamu bisa membaca tipsnya terlebih dahlu pada VOICE COMMANDS. baiklah langsung saja berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman resminya dictation
  2. Pilih bahasa yang akan kamu gunakan pada VOICE COMMANDS, kemudian Klik "Speech to Text"
  3. Dan silahkan kamu berbicara, jika tidak work silahkan kamu pakai microphon mini untuk disambungkan ke laptop.


Cara keempat merubah rekaman suara menjadi teks

Jika cara ketiga di atas masih belum juga berhasil, kini silahkan kamu gunakan layanan online Web Speech API Speechlogger, yaitu Satu-satunya aplikasi web dengan tanda baca otomatis, simple, cap waktu, Pengeditan yang cepat, transkripsi file audio, opsi ekspor (ke teks dan teks) dan lainnya dan tidak perlu registrasi terlebih dahulu, benar-benar Gratis

Namun ingat cara ini bisa kamu gunakan menggunakan Browser Google Chrome versi 25, jadi silahkan kamu tingkatkan google chrome kamu ke versi 25 atau yang lebih baru. Caranya sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman resminya Speechlogger
  2. Pilih bahasa yang akan kamu gunakan
  3. Klik Voice Typing
  4. dan silahkan kamu berbicara, tidak work? coba pakai microphon


Cara kelima merubah rekaman suara menjadi teks


Jika masih belum berhasil, jangan putus asa, kita akan terus berusaha dengan cara lain yaitu menggunakan layanan online Dictanote yang bisaa digunakan secara gratis, Pada cara ini akan bisa Bekerja lebih baik pada Browser Google Chrome 40 ke atas dan Chrome Mobile. namun pada cara ini harus login jadi perlu akun untuk login, kamu bisa Menggunakan akun google atau Facebook atau email lainnya. untuk caranya sebagai berikut:


  1. Kunjungi web resminya https://dictanote.co/
  2. Lalu Klik "Get Started for Free"
  3. Dan klik pada "Voice typing" dan silahkan kamu berbicara di depan laptope, jika tidak work coba kamu gunakan microphon mini untuk di sambungkan ke laptop.


Masih belum juga berhasil? jangan Putus asa dulu, kali ini pasti bisa dan saya jamin, kamu bisa merubah suara atau pembicaraan anda menjadi sebuah text dengan cepat namun cara ini menggunakan Ponsel Android, yang nantinya bisa kamu copi/salin untuk di paste/tempel ke pesan, email, Google dokument, Draft /konten blogger dan lain sebagainya. Penasaran? silahkan kamu kamu menggunakan aplikasi berikut ini : Cara convert Suara menjasi Teks tulisan

Demikianlah tadi langkah-langkah untuk bisa merubah rekaman suara menjadi teks tulisan dengan menggunakan komputer/PC, semoga bermanfaat. Tips : Pengertian hardware software brainware dan contohnya. simak cara menariklainnya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
11 Komentar untuk "Cara merubah rekaman suara menjadi teks tulisan"

Rijal09, Ok mas rijal terima kasih atas kunjungannya..

voice typing gak aktif gmana gan cara aktifnya

signalnya mungkin lemah mas, atau karena belum support

voice typing gak aktif gmana gan cara aktifnya

anda harus pakai microphon mas, kan ada lubang untuk ouput microphon thu, jadi?silahkan anda colokkan?microphon pada lubang terlebih dahulu.

anda bisa beli?micrphon mini dulu. banyak di?conter-conter atau bukalapak.

Thanx infonya, namun Setelah aku coba berkali-kali, di Google Doc pada menu Alat, Dikte-nya gak aktif. Jadi bagi teman-teman yang ingin mengubah suara menjadi teks, gunakan saja Online Dictation. Tutorialnya silakan kunjungi www.bosstutorial.com

Aku dah coba tapi tetap aja ga aktif icon Dikte-nya

Apakah sudah mencoba menggunakan Microphon? Kalau sudah pakai Microphon tetap tidak bisa nanti artikel akan saya tambahkan cara yang lain.

Sudah saya tambahkan pada artikel beberapa cara lain mas. silahkan di coba.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top