2 hal yang harus di ketahui sebelum custom domain



2 hal yang harus di ketahui sebelum custom domain, Baiklah pemirsa blog tentangwebsites sekalian, apakah kalian ingin dan ngebet mengganti domain anda dari gratisan seperti blogspot menjadi .com? sah-sah saja kalau kalian ingin lebih terlihat profesional, dan setelah sukse menjadi dotcom kalian senengnya bukan kepalang. namun ingat bisa saja sebaliknya, kalian akan menyesal dan menyesal jika belum mengetahui 2 hal ini nantinya yang akan saya bagikan.

Custom domain atau upgrade dari free menjadi TLD (Top Level Domain), artinya blog kamu nanti tidak gratisaan lagi dan tidak ada embel-embel blogspot lagi, karena kita bisa memilih nama domain sesuka kita selama masih tersedia, dan ujungnya nanti bisa langsung .com, .net. info, co.id, id dan masih banyak pilihan lainnya.

2 hal yang harus di ketahui sebelum custom domain


Sedangkan untuk mendapatkan domain TLD ini kita harus bayar kontrak, karena disini systemnya bukan membeli namun mengkontrak nama domain per tahun, selama kontakan ini kita bayar maka akan tetap bisa aktif, namun jika kita tidak bayar walaupun lupa maka domain akan otomatis tidak bisa terbuka. lalu berapa untuk bayar contrakan tersebut? berbeda-beda dari jasa penyedia, sesuai pengalaman sekitar 150.000/tahun

Jadi perlu kalian fikirkan terlebih daahulu sebelum menggunakan domain berbayar ini, agar nantinya tidak menyesal, karena sebagian kasus ada blogger mengganti domain dari gratisan ke berbayar namun ujung-ujungnya menyesal, sebenarnya saya sebagian juga ;-) kenapa? berikut yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum custom domain dari blogspot ke .com.

1. JAMINAN TERURUS SELAMANYA

Nah jika kamu akan custom domain dari gratisan seperti blogspot menjadi .com misalnya, maka apakah kamu bisa menjamin untuk bisa mengurus blog tersebut selamanya? ini yang harus kamu pikirkan, jika blog tersebut blog utama saya rasa bisa, namun bagaimana blog tersebut blog kita yang lain sebagai tambahan dan bukan blog utama? biasanya jika blog tambahan itu tidak begitu terurus dan jarang di buka serta jarang di isi artikel.

Jika saja kamu lupa tidak bayar contrakan domain padahal waktutnya untuk bayar, apakah yang terjadi? domain akan di hentikan, dan tidak bisa di browsing lagi, semua artikel yang ada pada blog tersebut tidak bisa di buka lagi. semuanyaa.....

Namun jangan terlalu takut, semua artikel blog bisa kita kembalikan lagi artinya bisa di buka lagi dengan cara kita buang atau hapus pengaitannya dengan domain TLD tadi, artinya blog tersebut kita kembalikan ke free/gratisaan lagi, ada embel-embel blogspot lagi ;-)

Jika sudah begitu maka, blog terasa baru lagi, rekam jejak di Alexa akan seperti bayi lagi, dan akan mengulang seperti blog baru namun lambat laun juga akan stabil. dan yang paling menakutkan adalah:

Masa domain sudah expired kita lupa tidak bayar domain dan kita juga lupa tidak mencopot pengaitan dengan domain TLD kadaluarsa tadi yang lupa tidak kita bayar, yaitu blog tidak bakal bisa di buka, selamanyaa.......

jadi jangan sampai lupa, intip terus akun pada domain tersebut tanggal berapa experidnya, dan juga jangan sampai lupa email dan sandi untuk masuk pada cpnel domain tersebut agar kita bisa membayar. simpan baik-baik data akun anda.

2. AKUN ADSENSE SUDAH NON-HOSTED

Nah ada lagi yang sangat penting juga sebelum kamu custom domain dari blogspot ke com yaitu kamu sudah memilki akun Adsense belum? jika belum punya no problem silahkan lanjutkan custom domain, dan jika sudah punya, saya tanya kepada kalian "akun adsense kamu, akun adsense hosted apa non hosted?" bingung akun adsense kamu akun yang mana? untuk lebih jelasnya simak di sini : Perbedaaan akun adsense Hosted dan Non Hosted

Jika akun adsense kamu adalah akun adsense hosted hasil dari pendaftaran dari blog yang masih blogspot sebelumnya maka setelah blog kamu selesaai custom menjadi TLD semisal .com maka iklan tidak bakal tampil di blog kamu yang sudah .com tadi, sehingga kamu tidak bisa menghasilkan uang lagi dari blog tersebut.

Dan bagaimana jika sudah terlanjur blog telah di custom menjadi TLD? dot.com misalnya, dan kita juga sudah terlanjur sayang dengan nama domain .com tersebut, maka kita bisa daftar ulang lagi itu pun tidak menjamin akan di terima atau tidak. silahkan simak juga Cara upgrade akun AdSense hosted jadi non hosted

Kenapa daftar akun adsense lagi, padahal sudah memilki akun adsense hasil dari pendaftaran blogspot sebelumnya? itu tadi karena di sini kita akan daftar (Upgrade) akun adsense dari hosted ke non-hosted, jika pendaftaran di terima maka akun adsense nanti akan berubah status dari hosted ke non hosted, artinya akun adsense tersebut bisa di pakai untuk semua jenis blog baik itu free/gratisan maupun TLD/berbayar Semisal .com.

Jadi jika kamu sudah memilki akun adsense non-hosted maka iklan akan bisa tampil pada blog tld tadi, dan jika kamu membuat blog lagi dan custom domain lagi maka tidak perlu daftar ulang lagi iklan sudah bisa kita pasang pada blog tld kedua tadi dan bisa langsung tayang.

Demikianlah ulasan mengenai 2 hal penting yang harus di ketahui sebelum custom domain .com semoga bermanfaat bagi kalian semua khususnya bagi para blogger, salam blogger. silahkan simak juga Lowongan Kerja Online di Niagahoster

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "2 hal yang harus di ketahui sebelum custom domain"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top