cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel

Cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel

Para pembaca yang budiman kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang microsoft excel dengan judul cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel, mengingat adanya seorang pembaca blog saya yang bertanya tentang masalah ini maka saya akan menjelaskan pada posting ini agar lebih mudah dipahami beliau mas Buchek bertanyasetelah membaca tutorial yang berjudul Cara menghitung jumlah berdasarkan warna di micosoft excel yang mana pada tutorial tersebut saya menerangkan sebuah cara menjumlahkan cell berdasarkan warna dengan sebuah kriteria baik kriteria angka maupun huruf dan beliau memberi komentar dan sebuah pertanyaan sebagai berikut "Trima kasih tips nya gan, sgt membantu ada pertanyaan nih bgimana menghitung tanpa harus ada kolom kriteria, contoh soal sy mau menghitung jumlah yg cell berwarna saja"

Pada komentar diatas ada sebuah pertanyaan yang menyangkut penjumlahan cell berdasarkan warna, dan kasusunya dia akan menjumlahkan cell hanya berdasarkan warna saja tanpa menggunakan sebuah kriteria tertentu, sebenarnya mudah saja untuk di jawab yaitu tinggal kita hapus saja kriteria tersebut, selesai. mudah kan? he. namun jika tanpa screenshotnya kemungkinan kurang sempurna, baiklah langsung saja demikianlah cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel.


cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel

  1. Buka program aplikasi microsoft excel anda
  2. Buatlah sebuah data, bisa table atau ayang lainnya, untuk lebih mudahnya silahkan anda buat data tabel
  3. Beri warna sebagian cell-cell tersebut (jangan semua agar kita bisa memahami lebih detil) contohnya seperti pada tabel berikut ini:
    menghitung jumlah cell warna tanpa kriteria di excel
    anda perhatikan pada table di atas tepat pada data 1 yaitu terdapat warna-warna pada cell kecuali pada baris B dan G.
  4. untuk menghitung jumlah warna yang ada pada cell tersebut silahkan anda input rumus sebagai berikut pada cell sembarang  atau anda letakkan tepat pada kolom jumlah seperti di atas =COUNTCOLOUR(B2:B6,B8) dan ahiri dengan enter
  5. sehingga jika anda berhasil maka akan terdapat jumlah yang sama dengan jumlah cell yang terdapat warnanya, perhatikan pada gambar berikut:
    hitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel
    silahkan anda lakukan hal yang sama pada jumlah berikutnya, dengan mengganti kode terahir jika diatas adalah mempunya rumus =COUNTCOLOUR(B2:B6,B8) maka menjadi =COUNTCOLOUR(C2:C6,C8) atau anda juga langsung seleksi tabel B3 hingga B8 sama saja.

    Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel, semoga bermanfaat jika ada kendala atau pertanyaan mari kita diskusikan pada kolom komentar, semanagat input Excel. sampai jumpa salam.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "cara menghitung jumlah cell berwarna tanpa kriteria di excel"

  1. mana file count colournya yak ?
    bisa minta ga.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. langkah buat fungsi vbanya mana gan. koq ujug ujug langsung jadi rumus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RUMUS COUNTCOLOUR tdk terdaftar di excel saya, apa harus buat di VBA ya? caranya gimana?

      Delete
  3. Kalo menghitung cell dg wrn yg sama bisa ga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kasih saja karakter pada warna itu cara mudahnya

      Delete

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar