Contoh penggunaan fungsi AND, OR pada Excel

Dalam penggunaan fungsi/rumus AND dan OR pada excel ini lumyan mudah, adapun manfaat dalam menerapkan fungsi atau rumus AND dan OR ini salah satunya adalah untuk mencari hasil nilai misalnya nilai praktik siswa, daftar honor, daftar gaji karyawan atau guru dan lain sebagainya, jika anda seorang guru dan apalagi guru kelas/walikelas maka sangat penting untuk anda ketahui rumus-rumus microsoft excel salah satunya adalah rumus atau fungsi And/or, atau juga jika anda seorang admin, operator yang kerjaannya menghadap laptope/komputer dan sering berteman dengan hitung-menghitung dengan excel tentu anda harus lebih mendalami fungsi-fungsi excel, baik fungsi-fungsi statistik dalam microsoft excel atau fungsi-fungsi yang lain, dan kali ini kita akan belajar menggunakan rumus atau fungsi AND dan OR. baiklah langsung saja demikianlah Contoh penggunaan fungsi AND/OR pada Excel.
  1. Silahkan anda buka microsoft excel anda
  2. Buat data, misalnya data siswa atau karyawan yang mencakup Nama sisiwa, nilai rapaor, nilai praktik dan keterangan.
  3. Lengkapi data excel anda dengan lulus/tidak lulus atau anda juga bisa menggunakan kata lulus/mengulang
  4. Masukkan rumus

Praktik menerapka rumus AND dan OR pada Excel

Diatas tadi sudah saya persilahkan anda membuat data, tentunya kita tinggal input datanya dengan rumus untuk menilai siswa ada dua cara yaitu:
  1. Jika nilai raport dan nilai praktik siswa lebih besar atau sama dengan 70 maka dianggap LULUS selain itu MENGULANG, maka rumus ini menggunakan rumua AND
  2. Jika nilai rapor dan praktik siswa lebih besar dari 70 maka di anggap LULUS selain itu MENGULANG, maka yang ini menggunakan rumus AND. perhatikan gambar berikut:

fungsi AND, OR pada Excel
Silahkan anda masukkan rumus pada kolom Keterangan seperti pada gambar diatas.
  1. =IF(AND(B3>=70,C3>=70),"Lulus","Mengulang") pada Kolom KET (FUNGSI AND)
  2. =IF(OR(B3>=70,C3>=70),"Lulus","Mengulang") Pada kolom KET (FUNGSI OR)
Baiklah demikian sekilas tentang Contoh penggunaan fungsi AND, OR pada Excel, semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca, dan silahkan anda dapatkan teori-teori dan praktik excel lainnya pada post berikutnya sampai jumpa salam. silahkan baca juga Fungsi filter pada excel adalah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh penggunaan fungsi AND, OR pada Excel"

Post a Comment

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar