Cara membuat artikel pilar di blog



Cara membuat artikel pilar di blog, Mungkin anda sedikit penasaran apa itu artikel Pilar? seperti awal saya ngeblog dulu, sering membaca tentang artikel pilar mendengar masalah artikel pilar namun belum tahu apa itu sebenarnya artikel Pilar. Sedikit saya bercerita tentang artikel ini, Artikel Pilar adalah sebuah artikel legkap yang sangat memberi banyak manfaat bagi pembacanya sehingga para pembaca akan merasa rugi jika tidak menyimpannya (bokmark) pantas saja di namakan Artikel pilar, dari namanya saja pilar yaitu tiang semakin tiang anda kokoh semakin kokoh juga rumah anda dalam hal ini blog yang anda kelola.

Cara membuat artikel pilar
Membuat artikel itu mudah, namun untuk membuat artikel luar biasa itu sangat sulit dan melelahkan, karena saat anda akan membuat artikel yang biasa akan terasa ringan tanpa beban sehubungan anda tidak perlu beberapa referensi, berbeda saat anda akan membuat sebuah artikel yang luar biasa tentu anda akan mempersiapkan segala macam kebutuhan sebagai referensi untuk artikel anda agar pembaca yakin dan percaya bahwa anda membuatnya tidak asal-asalan namun sesuai pengalaman. sehingga dengan segenap daya dan upaya anda untuk menciptakan sebuah artikel yang luar biasa tersebut maka jadilah sebuah Artikel Pilar yang siap untuk menjadi penopang blog anda, tak mengenal waktu artikel tersebut terus bekerja untuk anda, banyak yang kagum, banyak yang share, banyak yang nge link, karena mereka para pembaca terkagum-kagum dengan artikel hebat anda. jadi tanpa anda promosikan artikel anda akan terus melayang di hasil penelusuran google.

Berbeda dengan artikel biasa anda yang saat pemaca membaca akan terasa biasa, setelah selesaipun ia tidak kecewa saat artikel tertutup, tidak ada sedikitpun rasa ingin menyimpan, tidak mau komentar, dan bisa saja mereka malah balik kanan, yang pada ahirnya blog anda terkena bounc rate.

Cara menulis artikel pilar di blog


Lalu bagaimanakah untuk membuat Arikel Pilar?
Selama saya ngeblog memang kebanyakan pengunjung itu dari artikel itu-itulah kemungkinan saat saya membuat artikel tersebut memang saya lengkapi tanpa tangung-tangung saya berikan screnshotnya yang sangat mudah untuk dipahami, saya terangkan step by step hingga selesai, dan juga saya berikan sebuah langkah antisipasi jika terjadi sebuah kesalahan dan lain sebagainya. dan ternyata benar artikel tersebut memang pada artikel yang saya buat saat itu tidak cukup 1-2 jam bahkan hingga berhari hari. Baiklah langsung saja demikianlah tehnik/cara membuat artikel pilar:

1. Cari ide Brilian

Ide atau gagasan ini memang sangat berharga, dan anda jangan khawatir untuk kehabisan ide, namun takutlah Ide /gagasan anda di dahului oleh orang lain, yang pada ahirnya anda akan meyesal (kenapa tidak saya saja yang mendahului). jika anda punya ide yang terlintas sekalipun cepat anda tulis pada buku diare anda, atau saat anda sedang online langsung saja anda tulis di blog dan di jadikan sebagai Draf untuk sementara. setealah ide sudah anda genggam kemudian silahkan anda selaraskan dengan keyword yang sering digunakan pengguna. adapun manfaatnya ialah agar artikel anda terindex dengan cepat. jika artikel anda lengkap namun tidak ada yang mengetikkan kata kunci pada browser tentu akan nganggur.

Keyword atau kata kunci ini sangat penting, dan untuk membuat judul Artikel tidak harus sama dengan ide yang terlintas tersebut namun sebagai perbandingan, jika anda punya ide ingin membuat sebuah artikel yang berjudul "Rumus-rumus Excel lengkap" maka anda bisa menggunakan dengan kata kunci " Rumus excel lengkap dengan gambar" keyword ini bahkan lebih melebar tanpa meninggalkan keyword utama yaitu "rumus-rumus microsoft excel lengkap" karena pada keyword yang sudah anda modifikasi tersebut "Rumus microsoft excel lengkap dengan gambar" anda perhatikan kata "rumus" masih ada, kata microsoft pasih terpampang, kata "lengkap" tetap terpasang, bahkan anda masih punya kekuatan tambahan dengan kata "dengan gambar" tentu para pembaca akan lebih memilih tutorial yang menggunakan gambar karena lebih mudah di paham. jadi silahkan anda anda pahami juga dalam mencari keyword yang sering di ketikkan pengguna.

Baca juga : 2 Cara Riset Keyword (Mencari Kata Kunci) untuk Optimasi blog

2. Realisasikan Ide anda


Setelah ide anda tertulis pada draf blog sekarang silahkan anda buka draf tersebut untuk merealisasikan ide-ide tersebut. caranya anda istirahat sebentar sambil minum kopi dan berfikir tata bahasa serta susunan menu-menu tehnis penulisan nantinya, jika tidak ketemu juga maka abaikan saja cara ini karena saat anda memaksa untuk mengayunkan jari anda maka akan ketemu dengan sendirinya.

Baca juga : Solusi agar blogger tidak kehabisan ide

3. Memberi Kesan Positif kepada Pembaca

Saat anda menulis silahkan anda buat kata pembuka sebagai paragraf pertama dan lakukan secara rilex dan mengalir tanpa ada paksaan apapun, pembuka pertama tersebut bisa anda tulis tentang pentingnya ide yang akan anda terapkan dengan menceritakan kelebihan-kelebihannya, dasar-dasarnya dan lain sebagainya intinya anda akan memberi kesan yang mendalam tentang ide anda. dalam hal ilmu sastra bahasa ini dinamakan "Muqoddimah sugro" atau pembahasan awal, dalam ilmu sastra tersebut ada sebuah kaidah jika muqoddimah sugra tersebut baik maka akan dihitung baik juga mukoddimah kubronya, artinya jika pembahasan / kata awalan anda baik maka pembaca akan memberikan sebuah persepsi baik pula kesemuanya, jadi kata awalan sangatlah penting.

4. Menulis dengan Dasar

Saatnya pada inti, setelah anda mampu memberikan sebuah kesan positif kepada pembaca dan pada ahirnya pembaca pun akan ingin terus melanjutkan isi pembahasan tersebut, dan pada inti inilah anda buat sesingkat mungkin dan tidak bertela-tele. namun ingat anda harus menulis denga dasar, jika anda bingung dan ragu maka jangan langsung anda ketikkan namun carilah referensi terlebih dahulu, jika anda sedang online untuk mencari referensi tentunya sangat mudah, dan disitulah anda akan terlihat keyakinan yang mantab saat anda meguraikannya. berbeda dengan hasil tulisan dari orang yang ragu tentu akan terasa jelas. jika anda menulis sesuai pengalaman maka anda tidak perlu referensi lagi karena pengalaman anda akan tersa lebih kuat daripada referensi yang anda dapat.

5. Buatlah Artikel panjang dan kaya manfaat

Panjang artikel pun bukan berarti asal panjang, jika anda berusaha menguraikan secara lengkap dan bermanfaat tentu akan memanjang dengan sendirinya, berbeda dengan ketikan penulis yang hanya ingin berusaha agar artikel mereka bisa panjang, biarkan ide anda yang menuntun untuk mengayunkan jari-jari anda untuk merealisasikan dalam bentuk tulisan. Minimal 1000 karakter, itupun sebagai standarnya saja. jika 950 karakter sudah anda anggap cukup lengkap tentu anda tidak perlu memaksakan untuk mencapai 1000 karakter karena nantinya malah akan berdampak membosankan pembaca. dan artikel anda lebih tampak sempurna lagi jika anda sediakan gambar screenshotnya jika memang dibutuhkan.

Ok demikianlah kiat-kiat untuk membuat sebuah artikel pilar versi saya, dan silahkan anda baca ulang artikel anda? jika anda merasa artikel anda sempurna maka artikel anda pantas di sebut dengan artikel pilar dan siap-siap pembaca anda akan membludak. dan pada intinya adalah buatlah sebuah artikel yang sangat, sangat dan sangat penting dan bermanfaat bagi pembaca sehingga ia akan kembali mengunjungi lagi dan lagi karena ia ingat artikel anda sangat memberi manfaat. Semoga bermanfaat sampai jumpa, Jangan lewatkan juga Template Blogger Responsive Loading fast

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara membuat artikel pilar di blog"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top