Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save

Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save, Hay teman, pemirsa blog tentangwebsites, saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan file hasil ketikan di lembar kerja Microsoft office word yang hilang padahal belum di save/tersimpan. Singkat cerita, artikel ini merupakan dari pengalaman pribadi Saat saya mengetik documen di Ms word, yang mana belum sempat di simpan dan tiba-tiba listrik mati atau padam. Hilanglah sudah pekerjaan yang telah saya kerjakan, padahal dalam mengetik sudah berjam-jam. Bagi teman-teman yang menggunakan laptop, notebook mungkin bukan masalah besar mengingat laptop bisa bertahan dengan baterai. Tapi juga tidak menutup kemungkinan jika salah menekan tombol close, terhapus secara tidak sengaja atau aplikasi tiba-tiba keluar sendirinya dan terjadi hang padahal belum juga di save.

Dari kasus diatas, saya pun mencari cara agar bisa mengembalikan hasil ketikan saya di lembar ms word tadi. Bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa, Bisa mencoba tips berikut ini agar tidak hilang pekerjaan yang sudah berjam-jam dikerjakan tadi.

Cara setting  agar ketikan dokumen word tidak hilang

Sebelum melakukan pekerjaan mengetik pada lembar ms word, sebaiknya anda seting pengaturan pada Ms word agar bisa melakukan auto save. Fitur auto save sudah ada di MS Word, tapi kebanyak orang tidak mengetahui cara mengaktifkan fitur ini. Jadi, Untuk mengaktifkannya, kita bisa melakukan pengaturan sebagai berikut ini.
1. Caranya silahkan buka lembar MS Word ( lakukan hal yang sama di MS. Excel, powerpoint, dll )
2.Klik file >option > pilih save> akan muncul menu seperti dibawah ini:

Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save

Keterangan:
Di sini saya menggunakan Ms word tampilan pada windows 8, untuk tampilan ms word windows 7 bisa menyesuaikan saja, karena hampir sama seperti di atas. Perhatikan yang di dalam kotak merah, lakukan pengaturan auto save untuk meminimalisir kehilangan dokumen.

3. Centang/ceklist pada menu “ save AutoRecover information every “ ganti dengan 1 menit. Artinya, jika kita mengetik dalam waktu 1 menit akan otomatis tersimpan documen ms word tersebut.
Kedua, centang pada menu “ keep the last version if I close without saving “ lalu pilih brows.. dan arahkan ke tempat drive yang mudah ditemukan, misalnya di my documen. Pada langkah Ini untuk memudahkan kita nanti untuk mencari dokumen yang hilang tadi.
4. Jika sudah silahkan klik OK

Note: Pengaturan diatas lakukan sebelum mengetik, dan save dokumen walaupun belum selesai mengetik, nanti setiap 1 menit kita mengetik otomatis dokumen word akan tertimpa data baru yang sudah kita ketik. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaiman jika sudah terlanjur hilang padahal pengaturan di atas belum kita lakukan? Simak jawabannya berikut ini:

Cara Mengembalikan file yang hilang sebelum setting auto save

Cara ini dilakukan jika kita belum melakukan pengaturan autosave seperti diatas. Dan hilang karena aplikasi MS. Word keluar paksa/mati lampu.
1. Langkah pertama, silahkan klik Start pada windows >> kemudian Klik Ms word yang ada di start menu >> dan selanjutnya buka resent sesuai dengan dokumen yang telah kita ketik tadi. Seperti gambar di bawah ini.

Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save

Di bagian resent, akan tampil dokumen-dokumen word terakhir kita buka. Jadi kita bisa mengembalikan file yang tadinya tertutup dari sini. Jika dengan cara ini tetap tidak bisa mengembalikan dokumen. Kita coba dengan cara selanjutnya yaitu mencari dokumen unsave recovery bawaan Ms word atau file asd. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Cara membuka asd file

Adapun cara membuka file asd atau dokumen word unsave recovery adalah sebagai berikut:
  1. Klik start > buka computer > pilih ke drive C: > User > ( nama komputer/lamtop )
  2. Kemudian pilih AppData > Roaming > Microsoft > Word.
  3. Setelah membuka dengan di folder word, maka akan ada file yang bernama auto Recovery. Pilih sekiranya yang mana dokumen terakhir dibuka.
  4. Kemudian silahkan buka dengan Ms word. File ini tidak bisa langsung di klik 2x karena berekstensi  asd. Cara membukanya: buka aplikasi Ms word, kemudian Klik file tahan dan drag ke lembar kerja MS word.

Demikianlah Cara mengembalikan file ms word hilang padahal belum di save atau menyimpannya. Sehingga setelah pemirsa membaca artikel ini dan melakukan langkah-langkah atau cara diatas, kalian bisa mengembalikan dokumen yang sudah di kerjaan dan belum sempat tersimpan. Cara ini bisa berjalan dengan baik, walaupun kadang tidak 100% kembali seperti terakhir kata yang kita ketik. Dengan catatan file tidak rusak dan corrupt. Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi teman-teman yang mengalami masalah ketikan Ms word hilang karena keluar aplikasisebelum sempat menyimpannya. Simak artikel-artikel menarik lainnya Cara menghilangkan watermark pada file pdf
Penulis : +ari sumbodo
Admin : wahanarupa.com

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save"

  1. Amat sangat membantu, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  2. Di laptop saya setelah saya k drive c dan klik user nama laptop saya, kok saya ga ktemu2 bacaan appdata ya?

    ReplyDelete
  3. coba cari / buka di di folder lain mas kemungkinan appdata menempat pada folder lain tersebut

    ReplyDelete
  4. Sumpah udah ngrjain 40 halaman malah ilang tiba2. Bikin nangis astaghfirullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. La sudah 40 hlm kok belum di save gimana ceritanya 🤭

      Delete

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar