Cara cek asal sumber foto ASLI di internet



Cara cek asal sumber foto ASLI di internet

Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan kepada pemirsa sekalian tentang Cara untuk mengcek asal sumber foto ASLI di internet atau google, seperti yang telah kita ketahui foto-foto atau gambar yang beredar di internet terutama di media sosial seperti facebook, twitter, google plus da lain sebagainya, kebanyakan foto-foto sampah yang penuh provokative, apalagi bagi pengguna yang baru melek internet, belum kenal aplikasi adobe photoshop, dan lain sebagainya, kemungkinan besar akan mudah di bohongi mengunakan foto atau gambar tersebut.

Yang saya sayangkan adalah jika ada sebuah foto yang belum di ketahui sumbernya, benar atau tidak, pengguna yang baru melek tadi langsung main share saja tanpa berpikir terlebih dahulu apa dampak dari menyebarkan foto tersebut tanpa cek dan richek tentang asal sumber foto serta benar atau tidaknya, iya kalau memang benar-benar asli (bukan manipulasi) hanya karena ikut ikutan seneng, hanya katanya, katanya, yang penting happy, sangat mengerikan memang dampak dari kurangnya pengetahuan tentang kemajuan teknologi di bidang IT informasi dan komunikasi serta perperangkatannya. Nah disini akan saya bagikan kepada anda sekalian tips untuk mengetahui asal sumber foto/gambar yang asli melalui internet atau google.

Simak juga : Tuna netra ini pun jadi blogger sukses,anda?

dan di sini saya mengambil contoh cara cek asal foto/gambar dari facebook yang banyak foto profokative dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dan di share bagi pengguna yang baru melek internet tadi, dan biasanya apa yang di posting/di share muncul para komentator yang mengiyakan saja, berarti komentatornya juga sama yaitu baru melek juga di dunia internet. dan jika di beritahu bahwa gambar tersebut adalah gambar hoax (bohong) mereka tidak mau tobat, nah orang-orang seperti inilah sepertinya Otaknya perlu diservis biar tidak gaptek atau gagap informasi/teknologi. baiklah langsung saja anda simak langkah-langkah berikut ini:

Cara mengetahui sumber foto di facebook

1. Pertama silahkan anda buka posting atau status dari pengguna yang baru melek internet dan ambil salah satu foto (save as) yang di publis/di buat status yang menurut anda masih meragukan atas kebenarannya. Setelah foto telah tersimpan di komputer/laptop anda, maka sekarang silahkan kunjungi Google versi gambar dengan cara anda kunjungi Google.co.id lalu pilih gambar kamera di pojok :

Cara cek asal sumber foto ASLI di internet

2. Kemudian setelah anda klik menu "Gambar" di atas maka nantinya akan mmengarah pada laman google image, artinya search gambar yang mirip secara visual, sehingga dengan langkah kita akan mengetahui asal foto, gambar-gambar yang mirip secara visual, tanggal foto dan lain sebagainya:
Cara cek asal sumber foto ASLI di internet
 3. Selanjutnya silahkan anda klik gambar Kamera seperti yang telah saya tandai pada gambar di atas, sehingga nantinya akan tampak seperti pada gambar berikut:
Cara cek asal sumber foto ASLI di internet
 4. Untuk mengetahui gambar dari internet, silahkan anda copy Link Url pada kolom yang telah tersedia di atas >> telusuri gambar dan misalkan anda ingin meneliti asal foto atau sumber asli pada medsos facebook, maka anda bisa download dulu foto yang ada di facebook tersebut (Save as) lalu anda pilih pada menu "Unggah gambar" seperti pada gambar berikut:
Cara cek asal sumber foto ASLI di internet
5. Dan di lanjutkan anda pilih gambar yang baru saja anda ambil dari facebook tersebut untuk di teliti sumber aslinya, dan silahkan anda pilih juga melihat gambar yang mirip secara visual, nantinya anda akan melihat foto-foto yang mirip secara visual yang mana anda akan tahu gambar yang paling lama atau lebih dulu mempublish foto tersebut (asal sumber foto asli)

Seperti contoh saat ada post atau status facebook dengan gambar-gambar yang bernuansa Profokative, yaitu gambar palu arit setelah di cek ternyata sumberya adalah gambar berasal dari Karela India:

Cara cek asal sumber foto ASLI di internet

Contohnya foto di atas, diklaim sebagai foto tempat duduk berlambang PKI di sukoharjo jawatimur (padahal sukoharjo itu ada di jateng. Kalau yangg di jatim itu bukan kabupaten tapi kelurahan sukoharjo). yang sebenarnya foto itu adalah foto di daerah Kerala, INDIA! Dapat info dari mana coba?  , mbok yoo di cek and ricek donk. sebagai referensi lagi untuk lebih menuatkan bahwa foto tersebut bukan foto yang berada di wilayah negara Indonesia ini yaitu dari web flickr. Di sana di terangkan oleh publishernya sebagai berikut:

"Located in South India on the Malabar coast, Kerala is the 13th largest state in India by population, with 33 million inhabitants. Malayalam is the most widely spoken and the official language of the state".

Artinya kira-kira sebagai berikut:
Terletak di India Selatan di pantai Malabar, Kerala adalah negara terbesar ke-13 di India oleh penduduk, dengan 33 juta penduduk. Malayalam adalah yang paling banyak digunakan dan bahasa resmi negara.
 FO Travel, Taken on December 26, 2015

Demikianlah cara cerdas menyikapi gambar-gambar sampah di facebook yang banyak motiv profokativ yang dapat mengeruhkan suasana baik politik maupun lainnya, selain daripada itu yang paling mengerikan adalah mengikis NKRI dan ke Bhineka tunggal ika an Indonesia. dengan langkah ini maka kita tidak tergolong ikut-ikutan dapat dosanya (membagikan berita bohong).

Demikianlah langkah-langkah untuk mengecek atau mengetahui asal sumber foto asli yang beredar di internet, semoga bermanfaat. simak juga 9 produk paling laris di jual online

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara cek asal sumber foto ASLI di internet"

Sekarang banyak orang baru ngerti internet main medsos mas, jujur saya kadang greget sama mereka yg mau mau nya di cucuk hidupnya dan pasrah di doktrin berita bohong.

Mas Nino, itulah mas saya jugakasihan and greget juga, jadi artikelku ini atas dasar keresahanku melihat para pengguna yang baru melek internet yang main share aja padahal banyak gambar atau foto-foto hoax yang penuh profokatif.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top