Langkah-langkah upload emis offline desktop



Langkah-langkah upload data emis offline desktop

Baiklah para pemirsa blog tentanwebsites, kali ini akan saya bagikan langkah-langkah untuk upload data emis desktop ofFline, yang nantinya untuk di backup dan di lanjutkan untuk di upload secara online. langkah-langkah ini tentunya sangat menarik khususnya bagi para operator emis yang masih kebingungan dalam proses penguploadan data emis ke aplikasi emis desktop offline, karena rentan dengan kegagalan atau error. kami pun menyadari akan hal tersebut, error saat upload, dan setelah sukses upload giliran backup masih juga mengalami kegagalan atau error.

Langkah-langkah ini juga saya sertakan dalam mengatasi jika setelah anda upload dan ternyata ada sebuah data yang gagal atau error, misalnya data siswa pada emis anda berjumlah 65 (enam puluh lima) dan setelah anda upload hanya tampil 60, berarti data siswa yang lima ada yang tidak beres, dan harus di perbaiki terlebih dahulu sebelum upload ulang. untuk lebih gambalangnya, baiklah langsung saja demikialah langkah-langkah untuk upload data emis pada aplikasi emis desktop via offline:

Langkah Persiapan sebelum upload data emis

Pertama silahkan anda periksa ekstensi atau jenis format file excel emis anda, dan pastikan form emis excel anda telah memiliki format atau berekstensi xls (excel 97-2003 workbook), jika anda masih bingung untuk menjadikan form excel menjadi workbook ini, berikut panduannya:
  1. Buka file excel emis
  2. Save as >> pilih excel 97-2003 workbook, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
Langkah-langkah upload emis desktop offline


Langkah Penguplodan data emis offline desktop

Setelah file excel emis anda telah siap, maka langkah selanjutnya yaitu kita akan upload data-data emis excel mulai dari emis excel siswa, PTK dan kelulusan, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama silahkan buka aplikasi emisnya, yang telah anda download sebelumnya pada akun, dan buka pada file yang bernama "Validasi MA. exe" yang memiliki ekstensi "Aplication" perhatikan pada gambar berikut:

Langkah-langkah upload emis desktop offline
2. Setelah terbuka aplikasi tersebut, silahkan anda isi secara lengkap dari data profile sekolah, sapras (sarana dan prasarana sekolah), kegiatan dan keuangan sekolah, untuk rekap Ptk dan rekap siswa bisa anda isi belakangan saja setelah anda berhasil upload nantinya agar antara jumlah rekap dengan detil bisa sinkron atau sama.

Lalu bagaimana jika jika aplikasi tersebut jika di klik atau di buka akan tampil seperti berikut:

Langkah-langkah upload emis desktop offline
   
Berarti file aplikasi kemungkinan corupt jadi tidak bisa di buka, dan jika anda klik tombol navigasi tahun pelajaran maka tidak tampil juga. lalu bagaimana solusinya? silahkan anda tambal kekurangan aplikasi emis desktop tersebut menggunkan data pandukung pada aplikasi emis yang bernama Patch aplikasi, patch ini juga bisa anda unduh pada masing-masing akun operator, atau silahkan anda simak panduannya pada artikel berikut ini:

Cara menggunakan Patch aplikasi emis desktop

3. Kemudian setelah anda aktif membuka aplikasi emis silahkan anda upload detil ptk terlebih dahulu, dan silahkan anda tunggu bagaimnakah hasilnya? terdapat peringatan error atau tidak, untuk memastikan ada dan tidaknya data error anda bisa memeriksanya pada folder "Validasi error"

Langkah-langkah upload emis desktop offline



4. Jika dalam folder data error tersebut  terdapat file excel berarti masih ada data error yang perlu anda perbaiki terlebih dahulu sebelum upload ulang, dengan cara anda bika filenya dan cari cell-cell yang memiliki tanda merah itulah letak kesalahan atau errornya. dan kemudain silahkan anda bika file emis asli untuk memperbaikinya, setelah anda selesai  memperbaiki file emisnya jangan lupa juga untuk menyimpan perbaikan tersebut, jika ada sebuah peringatan, klik saja "YES"

5. Dan setelah anda simpan perubahan silahkan anda hapus file excel error tadi, kemudain silahkan upload ulang form emisnya, kira-kira masih ada yang error tidak?, caranya sama seperti yang awal, yaitu anda periksa dalam folder "Validasi error" jika sudah tidak ada file excel berarti tidak ada masalah lagi. dan silahkan anda lanjutkan penguplodan selanjutnya yaitu rekap siswa. silahkan anda lakukan dengan cara yang sama, hingga file excel siswa lulus.

6. Setelah anda berhasil mengupload file emis excel semuanya dari data ptk, siswa dan siswa lulus, dan sekarang saatnya kita akan backup hasil ipload emis tadi, dengan cara, silahkan anda klik menu "Backup"
Langkah-langkah upload emis desktop offline

7. Dan kemudian silahkan pilih atau tekan tombol "backup" yang ada di bawah, dan natinya akan muncul sebuah peringatan "apakah dta yang di backup sudah benar?', jika anda sudah yakin benar maka lanjutkan dengan menekan tombol "Ok"

Langkah-langkah upload emis desktop offline

Dan jika proses backip berhasil, maka nantinya akan tampak seperti pada gambar berikut:

Langkah-langkah upload emis desktop offline

Yess.. alhamdulillah berhasil mas bro.. senengnya sudah berhasil backup emis pada aplikasi emis desktop via offline, dan hal ini belum selesai mas bro, masih ada 1 PR lagi yaitu persiapan Upload file hasil backup tadi ke web emis pendis secara online. adapun file-file yang akan anda upload ke laman web resmi emispendis.kemenag pusat yaitu file-file hasil backup emis tadi yang terletak pada folder "Backup" di antara folder "Validasi error" tadi tepatnya di atas folder "Database" (perhatikan pada gambar pada langkah nomor 3) dan isi dari folder "Bakup" tadi adalah seperti berikut:

Langkah-langkah upload emis desktop offline
Kemudian silahkan anda upload hasil backup emis tersebut di atas ke web resmi emispendis.kemenag secara online, jadi persiapkan terlebih dahulu kuota data untuk siap tempur. untuk langkah-langlah upload data emis secara onine maka silahkan anda simak pada panduan berikut ini Cara upload emis pada aplikasi online Emis pendis

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Langkah-langkah upload emis offline desktop"

assalamualaikum mas imam , bisa minta tolong di share gak cara membuat gambar artikel bisa di nge- zoom seprti punya jenengan ini ? thanks ,saya new bie mas

Mas Pembelajar sejati, Silahkan anda cari artikelnya sudah saya share kok, atau browsing langsung ke google dengan kata kunci ini "cara agar gambar blog membesar jika disentuh kursor" insyaallah ketemu artikelku tentang hal tersebut.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top