cara membuat watermark di word 2007



Cara membuat watermark di word 2007, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan seputar Microsoft word/ms word yaitu cara untuk membuat watermark di word 2007,  watermark atau tanda air yang bisa anda gunakan sebagai identitas file bahwa file tersebut milik anda, watermark bisa anda gunakan juga sebagai tanda tangan atau hak cipta kepemilkian file word anda, pada umumnya watermark ini menggunakan teks atau tulisan Do Not Copy, artinya file word tersebut tidak boleh di salin atau copas, jika anda seorang publisher file melalui dunia internet pada file-file word tersebut bisa anda tandai dengan cara ini nantinya (watermark)

Dan dalam pembuatan watermark di lembar kerja ms word 2007 ini ada beberapa pilihan, selain di ms word 2007 seperti ms word 2010, ms word 2013 maka silahkan anda sesuaikan saja kemungkinan tidak jauh berbeda. yang nantinya anda bisa memilih salah satu jenis watermark sesuai selera yaitu:
  1. Cara Membuat Watermark dari Teks
  2. Cara Membuat Watermark dari Gambar
  3. Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu

Baiklah sekarang akan kami uraikan satu persatu dari ketiga macam pembuatan watermark di ms word tersebut, simak secara seksama pada langkah-langkah berikut:

Simak juga : Cara menghilangkan watermark pada file pdf

1. Cara Membuat Watermark dari Teks



  1. Pertama silahkan anda buka trlbih dahulu lembar kerja program ms word
  2. Pada menu tab Page Layout, pada Page Background group pilih Watermark
  3. Selanjutnya silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut:
cara membuat watermark di word 2007

1). Jika anda ingin membuat watermark yang telah terseia pada galeri ms word, seperti teks Confidential, Do Not Copy, maka klik saja pada teks tersebut maka otomatis akan langsung jadi watermarknya.
2). dan jika anda ingin membuat teks watermark sendiri, maka silahkan klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark. dan kemudian anda lakukan hal-hal berikut::

cara membuat watermark di word 2007
  1. Untuk language atau bahasa, bisa anda abaikan saja jika telah english atau indo.
  2. Kemudain pada menu text, Klik/pilih pada kotak di samping Text >> ketikkan teks yang anda harapkan, kalau di atas tertera tulisan atau teks CONFIDENTIAL" jadi teks tersebut bisa anda rubah sesuai yang anda inginkan semisal "no copy", "by tentangwebsites" atau yang lainnya.
  3. Dan pada menu Font format Font/tulisan (tipe font), bisa pilih terlebih dahulu font apa kiranya menurut anda bagus dan cocok untuk watermark
  4. Sedangkan untuk Size (ukuran), dan juga Color (warna) bisa anda sesuai selerajuga yang anda inginkan.
  5. Pada menu Layout watermark silahkan anda pilih anatara Diagonal (miring) dan Horizontal (mendatar)
  6. Apply >> OK. Selesai

Note: Watermark akan dapat dilihat jika tampilan Print Layout dan Full Screen Reading.

2. Cara Membuat Watermark dari Gambar
  1. Buka halaman lembar ms word
  2. Kemudian pilih menu tab Layout, pada Page Background group lalu klik Watermark.
  3. Klik "Custom Watermark" untuk membuka sebuah kotak dialog "Printed Watermark".
  4. Klik "Picture watermark", dan selanjutnya klik "Select Picture". (Perhatikan pada gambar nomor 2 di atas)
  5. Kemudian silahkan anda pilih gambar/foto yang anda inginkan dan dilanjutkan klik Insert.
  6. Atur Posisi, persentase ukuran gambar pada Scale.
  7. Selesai

3. Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu


Untuk membuat watermark pada halaman tertentu saja maka kita harus memisahkan dokumen dengan cara membuat section. sebagai contoh pada foto/gambar, dokumen terdiri dari 3 section dan akan dibuat watermark pada section 2 saja.
Ada 3 langkah yang perlu anda lakukan sebagai yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Section Break
Buat 3 buah section break dengan cara berikut: pada Page Layout tab, Page Setup group, klik Breaks, dan klik Next Page di bagian Section Breaks.

    
2. Menghapus Link Antar Section
Sekarang kita akan menghapus link antar section supaya watermark tidak muncul di section 1 dan 3.
  1. Klik ganda pada bagian header/footer section 1 untuk memunculkan Header & Footer Tools.
  2. Pada Header & Footer Tools, Design tab, Navigation group, pada bagian Header dan juga Footer nonaktifkan Link to Previous dengan cara mengkliknya supaya header/footer antar section tidak berhubungan.

cara membuat watermark di word 2007
Dan ulangi langkah- langkah di atas untuk section 3.

Note: Anda bisa berpindah antara Header dan Footer dengan cara klik Go to Header atau Go to Footer. Untuk berpindah antar section, klik Previous Section atau Next Section.

3. Membuat Watermark
  1. Pertama dowble klik pada area header/footer di halaman yang ingin anda kasih watermark, semisal pada section 2.
  2. Pastikan bagian header/footer tetap aktif dan klik Page Layout pada menu tab >> Page Background group >> klik Watermark. selanjutnya lakukan langkah-langkah membuat watermark seperti pada contoh di atas.

Note: Jika anda menggunakan watermark teks dari galeri watermark teks maka watermark akan muncul pada section yang disisipkan saja . Dan watermark akan muncul di semua section jika menggunakan Custom Watermark. maka dari itu anda harus menghapus pada setiap section yang tidak ingin anda beri watermark. sedangkan untuk langkah penghapusan watermark tersebut anda bisa perhatikan pada gambar pertama di atas pada menu paling bawah terdapat "Remove watermark" dan tinggal klik saja.

Demikianlah tadi uraian tentang cara membuat watermark di ms word 2007 secara lengkap, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan materi ini sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, salam. jangan lewatkan juga materi menarik lainnya Cara mengubah jenis huruf pada Microsoft word 2007

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "cara membuat watermark di word 2007"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top