Pengertian Cell, Range, Row dan colum pada microsoft excel



Pengertian Cell, Range, Row dan column pada microsoft excel, Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan materi sekilas Microsoft excel yaitu tentang Pengertian Cell, Range, Row dan column pada microsoft excel, apa sebenarnya dari masing-masing istilah dalam program excel tersebut, di sini akan saya uraikan sedikit tentang hal tersebut mengingat pentingnya mengenal istilah-istilah dalam lembar microsoft excel sebelum mendalami program tersebut, apalagi anda adalah dari salah satu peserta khusus untuk mengembangkan ilmu excel perlu juga untuk menghafalnya agar nantinya lebih cepat dan mudah untuk materi yang lebih sulit.

Jika kita telah mengenal apa yang di maksud dengan istilah  Cell, Range, Row dan Columns pada lembar microsoft excel maka nantinya akan memudahkan kita sendiri dalam mendalami materi ilmu excel yang tentunya akan lebih sulit dan menyenangkan. baiklah langsung saja demikianah pengertian dari Cell, Range, Row serta column pada microsoft excel untuk anda cermati:

Silahkan anda simak juga secara lengkap: Istilah istilah dalam Microsoft excel


Apa yang dimaksud dengan cell, range, rows serta column?

  1. Cell, Pertama adalah pengertian dari Cell, secara sederhana Cell merupakan kotak-kotak kecil yang berada dalam lembar kerja anda di excel baik berupa column/kolom maupun row/baris, Cell ini juga sering di ucapkan sel. cell juga terdiri atas dua macam yaitu cell aktif  yaitu sebuah kotak yang ditunjuk oleh point mouse (Pertemuan antara kolom dan baris) alamat ini bisa kita ketahui pada "Name box" dan pada name box inilah kita akan mengetahui cell mana yang sedang aktif dan cell tidak aktif yaitu kotak-kotak yang tidak ditunjuk oleh point mouse.
  2. Range, dan Range adalah gabungan dari beberapa cell, artinya gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris semisal range A1;A5. seperti pada gambar berikut:
    Pengertian Cell, Range, Row dan colum pada microsoft excel
  3. Column, selanjutnya pengertian dari Colum yaitu semua baris yang sejajar kesamping yang arahnya menuju kekanan, yang terdiri dari abjad A sampai dengan Z, AA,AB,AC-AZ hingga XFD dan kalau dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom. mudahnya saja Column adalah Kolom.
  4. Row, Sedangkan Row adalah baris yang sejajar ke arah bawah dalam bentuk suatu angka 1 hingga 1.048.576 pada Excel 2007 ke atas. Mudahnya Row adalah Baris. Untuk lebih jelasnya pengertian dari Cell, Range, Row dan colum pada microsoft excel di atas berikut saya berikan ilustrasinya:




  • Pada gambar lembar excel di atas yang saya tandai dengan warna merah "A2" adalah Name Box" yaitu nama sebuah alamat cell,
  • dan pada tanda warna hitam adalah contoh Cell yang sedang aktif
  • Pada tanda hijau adalah kumpulan bebera Cell (tidak aktif)
  • Sedangkan pada tanda biru di atas adalah Colum/Kolom (cell dari kiri ke kanan) dan Row/baris (dari atas ke bawah)

Tambahan:
Untuk Mengatur lebar kolom tertentu adalah sebagai berikut:
  1. Pilih kolom yang ingin Anda rubah
  2. Pada menu tab Home >> grup Sel, klik Format.
  3. Di bawah Ukuran Sel, klik lebar Kolom
  4. Pada kotak Lebar kolom, silahkan anda ketik nilai yang Anda inginkan, Lebar kolom secara default adalah 8.43 karakter. dan Jika lebar kolom diatur ke 0, kolom tersembunyi.



Baiklah pemirsa blog tentangwebsites.blogspot.com, demikianlah tadi sekilas tentang Pengertian Cell, Range, Row serta colum pada lembar kerja microsoft excel, semoga bermanfaat, sampai jumpa salam, jangan anda lewatkan materi menarik lainnya Cara menjadikan photo pada microsoft excel menjadi photo biasa

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Cell, Range, Row dan colum pada microsoft excel"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top