Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya



Jika benar ada kisah si pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya, Judul ini muncul dalam benak kami saat setelah berbincang-bincang dengan salah salah satu warga pematang kuyung atau kuyung bawah atau desa negeri kelumbayan kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Lampung, sebuah desa yang berdampingan dengan Pematang Serunting pada saat Kami liburan ke wisata Teluk Kiluan Lampung yang beum lama ini. percakapan tersbut mengenai kisah si pahit lidah yang konon katanya dari daerah lampung, Jika memang benar ada kisah pahit lidah kemungkinan besar gunung tanggang dan pematang serunting inilah yang pernah di jamah oleh legenda si pahit lidah.

Kenapa saya memilki persepsi ini? karena dari cerita salah satau warga masyarakat sekitar tersebut. Saya memperoleh informasi ini dari salah satu orang warga sekitar (nama tidak bisa saya sebutkan karena belum mendapatkan persetujuan) yang sudah kami anggap sesepuh di dusun pematang kuyung bawah Desa negeri Kelumbayan Kec. Kelumbayan Kab Tanggamus ini saat beliau melihat sinetron kisah pahit lidah pada tayangan televisi pada saat itu. Setelah beliau melihat acara televisi sinetron si Pahit lidah atau Serunting dan si putri Tenggang, beliau beranggapan jika memang benar si Pahit lidah berasal dari wilayah Lampung berarti Pematang Serunting dan Gunung Tanggang inilah peninggalannya.

3 Bukti bahwa ini benar Peninggalan si Pahit lidah

Saya telusur lebih lanjut dengan mendatangi bebrapa lokasi sekitar gunung tenggang dan melewati desa serunting maka anggapanku lumayan meruncing denga dugaan bukti-bukti sebagai berikut:

1. Adanya Gunung yang bernama Gunung Tanggang, dan saya beranggapan Gunung inilah dulunya di kisahkan sebagai Putri Tenggang. jadi Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gunung Tanggang ini saya rasa adalah dulunya yang di kisahkan pada kisah si Pahit lidah dengan sebutan si Putri Tenggang.

2. Adanya Pematang yang bernama Pematang Serunting, Sedangkan Serunting adalah nama kecil si Pahit lidah dan saya beranggapan nama Serunting ini di buat sebuah nama Pematang yaitu Pematang Serunting Desa Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. dan berikut adalah gambar Gunung Tenggang dan Pematang Serunting di bawahnya serta adanya Wisata Batu suluh di sekitarnya :

Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya

3. Selain dari pada itu juga menurut informasi dari salah satu warga tersebut juga ada gunung yang menyerupai batu-batuan mirip dengan batu-batuan yang untuk pemasangan wuwu (penangkap ikan). dan saya beranggapan bahwa batu-batuan tersebut adalah wuwu peninggalan si Pahit lidah dulunya, dan yang ini tidak bisa saya jangkau karena terbilang jauh dan curam.

Jika di lihat dari lokasi dan kondisi hingga saat ini tidak ada yang namanya tenggang dan serunting di Propinsi Lampung selain dari pada gunung Tanggang dan Pematang serunting selain di lokasi kecamatan ini Kec. kelumbayan kabupaten tanggamus ini.

Jadi Setelah beliau mengamati kisah si pahit lidah yang ada di televisi beliau mengatakan seperti itu "Kemungkinan besar gunung tanggang saat ini dulunya pengambilan nama Putri tenggang saat itu, sedangkan serunting yang dulunya menjadi nama kecil si pahit lidah di jadikan nama sebuah pematang yang saat ini bernama pematang serunting"

Untuk melewati lokasi sekitar Gunung Tanggang ini cukup curam dan menggearkan, kebetulan saya memilki saudara dari desa Neeri Kelumbayan ini dan cukup setia menemaniku untuk mengamatinya.

Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya

Semoga Informasi ini memberi manfaat bagi pemirsa sekalian, Jika anda ingin membuktikan adanya Gunung Tanggang dan Pematang Serunting maka anda bisa mendatangi langsung lokasinya yang pernah saya kunjungi yaitu di Desa Negeri Kelumbayan Kec. Kelumbayan Kab. Tanggamus Lampung. semoga bermanfaat. Berikut saya sertakan vidionya hasil rekaman kami di lokasi sekitar gunung tanggang, pematang serunting dan pinggiran pantai batu suluh:


Silahkan anda simak juga tempat-tempat objek wisata yang sangat menarik di bawah ini: Wisata batu suluh lampung

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya"

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top