Alur untuk mendapatkan sertifikat NPSN sekolah/madrasah



Alur untuk mendapatkan sertifikat NPSN Sekolah/Madrasah

Para pembaca yang budiman terkhusus jika anda adalah seorang operator sekolah, disini akan saya bagikan sebuah Alur untuk mendapatkan sertifikat Npsn, ditahun 2015 ini sepertinya antara kementrian pendidikan dan kementrian agama terus mensinkronisasikan data pendidikan baik pegawai pendidikan, pegawai kependidikan, siswa, lembaga dan lain sebagainya untuk mewujudkan data yang valid yang berbasisi online, hal ini mengharuskan kepala sekolah maupun kepala madrasah harus sedikit mengerti masalah internet, jika memang benar-benar tidak memahami dan kesulitan untuk memahami data berbasis online maka kepala sekolah hendaknya megangkat seorang operator sekolah yang berkompeten di bidang tersebut guna pendataan sekolah maupun lembaganya. karena semua akan di rekam pada data berasis online. jadi mau tidak mau memang harus melakukan prosedur yang ada.

Persipan untuk mendapatkan sertifikat NPSN sekolah/madrasah

sebelum anda mengikuti langkah-langkah untuk melakukan registrasi dan sebagainya maka anda persiapkan terlebih syarat-syarat berikut:
  1. Sudah pernah update Emis (bagi RA / madrasah), karena emis ini adalah gerbang menuju ke kemdikbud, tanpa update emis maka jangan harap anda akan mendapatkan Npsn, jika sudah mendapat NPSN maka tinggal mencari sertifikatnya yang akan kami bahas ini.
  2. SK (Surat keterangan) Operator yang telah di tanda tangani oleh kepala madrasah serta di bubuhi stample madrasah terkait dalam format Pdf dengan ukuran minimal 2 Mb
  3. Surat Izin Operasional Sekolah dalam bentuk Pdf dengan ukuran minimal 1 Mega byte (Mb)
  4. Identitas Operator, yang ini anda bisa persiapkan photo copy KTP operator untuk input datail data operator dari nama lengkap, tanggal lahir dan lain sebagainya
Simak juga : Cara cepat mengecilkan ukuran photo dengan photoshop
Kalau tidak begitu ngeh dengan photoshop bisa mengikuti panduan berikut ini : Cara Cepat Mengecilkan file Pdf secara Online, Dan jika tidak punya Mesin scanner untuk membuat file pdf atau belum bisa membuatnya bisa kamu simak panduan yang sangat mudah untuk membuat file pdf hanya modal android : Cara membuat file pdf di android

Sebenranya untuk mendapatkan sertifikat NPSN anda harus memprosesnya pada halaman web resmi kemdikbud pendataan NPSN yaitu http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/ namun anda tidak bisa login pada web tersebut sebelum anda registrasi terlebih dahulu pada web http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ baiklah langsung saja demikianlah langkah-langkahnya.

Alur untuk mendapatkan sertifikat Npsn

Baiklah Kita akan melakukan langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikat NPSN Sekolah/madrasah, salah satu pendataan yang berbasis online adalah untuk mendapatkan sertifikat NPSN atau nomor pokok statistik sekolah, kemungkinan anda kebingungan jika belum mengetahui tehniknya maka disini akan saya sajikan Alur-alurnya untuk mendapatkan sertifikat Npsn
  1. Pertama Silahkan anda mengunjungi web sdm.data.kemdikbud.go.id guna registrasi data Operator yang mana perlu anda persiapkan terlebih dahulu adalah SK Operator sekolah/madrasah dan pada web tersebut akan tampil sebagai berikut:
    Kemudian Untuk registrasi silahkan anda pilih Regitrasi Anggota pada menu tab seperti pada gambar diatas, selanjutnya silahkan anda isi data-data operator seperti Nama lengkap, tempat langgal lahir dan lain sebagainya, dan terahir anda lampirkan SK operator yang telah anda persiapkan tadi pada menu Browse seperti pada gambar berikut:
    Dan terahir silahkan anda pilih registrasi, Kemudian setelah anda melakukan registrasi maka tunggu hingga anda di setujui oleh admin pusat, dan untuk mengecek bahwa registrasi anda disetujui atau belum anda bisa cek pada menu Status Pendaftaran >> masukkan email yang anda gunakan registrasi tadi >> Cek seperti pada gambar berikut:
    Jika anda sudah disetujui maka anda akan mendapat informasi seperti pada gambar berikut:
  2. Sekrang setelah akun akun sudah dipastikan aktiv maka selanjutnya silahkan anda kunjungi web vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/ dan pilih menu Login seperti pada gamabar dibawah:
  3. Setelah terbuka dan anda sudah memastikan sudah memasuki akun operator maka silahkan anda klik Menu lambang jendela >> Pengelolaan >> Perubahan data
  4. Pada menu Perubahan data silahkan anda cek sudah benar atau belum jika sudah tidak perlu anda rubah, jika ada yang kurang pas maka silakan anda perbaiki terlebih dahulu misalnya alamat sekolah yang tidak sesuai, dan juga silahkan anda lampirkan Surat Izin Operasional Sekolah yang telah anda persiapkan tadi dengan cara Klik menu Browse dan masukkan Surat izin sekolah/madrsah tadi dan terhir klik Simpan
  5. Kemudian anda juga bisa menambah data pendukung seperti photo-photo profile sekolah, aktifitas siswa, aktifitas guru, sarana dan lain sebagainya pada menu Menu >> Citra  dan silahkan anda upload photo-photo dalam format Jpg dengan ukuran maksimal 1 Mb, lebih dari 1 Mb maka tidak bisa jadi silahkan anda kurangi kapasitas photo terlebih dahul jika photo dokumen anda melebihi 1 Mb.
  6. Kemudian seteah anda selesai menginput data-data yang anda perlukan maka anda bisa mengecek hasilnya pada web referensi.data.kemdikbud.go.id seperti pada gambar berikut: 
  7. Dan silahkan anda pilih menu Data master Pendidikan jika ada sebuah popup pengumuman silahkan anda close saja, dilanjutkan anda pilih lokasi Propinsi >> Kabupaten >> Kecamatan >> dan silahkan anda klik pada Nomor NPSN dan pilih menu-menu yang tersedia, untuk melihat hasil upload photo-photo profil sekolah, aktifitas siswa dan segala macam anda bisa memilih menu Galeri Foto sedangkan untuk Surat izin Operasional Sekolah bisa anda cek pada menu Dokumen dan perizinan silahkan anda perhatikan gambar:
  8. Selesai, kini anda tinggal menunggu hasil sinkronisasi dari pihak kemdikbud dengan kemenag melalui jendela emis, jadi emis sangatlah penting yang bisa anda update per semester, kemudian silahkan anda datang ke pihak operator pendidikan kabupaten/kota untuk minta dicetakkan sertifikat NPSN sekolah/madrasah anda.
Untuk Masalah Verval SP terbaru kini bisa melalui gerbang Emis bisa kalian simak pada artikel terbaru kami : Panduan Verval SP melalui Emis Pendis SDM

Ok demikianlah sharing kami kali ini tentang Alur untuk mendapatkan sertifikat NPSN sekolah/madrasah, semoga bermanfaat bagi anda khususnya para operator yang lumayan pening memikirkan vervalsp, vervalpd, dapodik, emis, simpatika, padamu negeri dan lain sebagainya dan belum juga padamu sayang hehe. yang ini juga penting loch. berarti tugas operator ini memang sangat menjadi tolak ukur sebuah menejemen pendataan pada lembaga sekolah/madrasah, mengingat begitu basarnya jasa para operator sekolah/madrasah sudah selayaknya di angkat sebagai PNS tanpa syarat hehe. sampai jumpa salam. silahkan anda baca juga Alur Cara upload emis pada aplikasi online Emis pendis

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Alur untuk mendapatkan sertifikat NPSN sekolah/madrasah"

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.co.id/

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top