Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat



Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat

Baiklah para pemirsa blog tentangwebsites, Kali ini ke menuju ke pembahasan mengenai alat webmaster atau yang sekarang berubah nama search console, dan pada kesempatan ini panduan atau cara untuk memperbaiki link error/rusak yang tampil pada alat google webmaster tersebut.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu dalam memperbaiki link error di google webmaster, pada dasarnya kita memperbaiki itu karena sebab link artikel atau posting yang jika di kunjungi tidak ada kontennya bisa karena sebab memang telah anda hapus kontennya juga karena salah dalam memasang linknya. Namun bukan hanya karena dua sebab itu semata masih ada penyebab-penyebab lain selain dari kedua yang telah saya sebutkan tersebut. jadi skalian saya uraikan sdikit dalam prmasalahn lin url yang trdapat kesalahan pada alat webmaster/search console.

Macam-macam link url dalam kesalahan (link url error)

Seperti yang telah kami uraikan sedikit di atas mengenail link url error atau dalam kesalahan, yaitu ada beberapa macam penyebab yaitu di antaranya:
  1. Karena konten tidak tersedia
  2. Karena salah dalam membuat link
  3. karena link url posting belum di ambil sebagai google (submit url posting)
  4. Karena sebab lainnya

Dari ke 4 penyebab di atas bisa saya jelaskan sedikit mengenai penyebab-penyebabnya yaitu:

 

1. Karena konten tidak tersedia

Yaitu sebuah link artikel yang memang tidak tersedia konten nya, bisa karena sebab posting telah anda hapus, namun anda belum menghapus juga melalui alat webmaster/search console. dan bisasany jika link di buka akan timbul sbuah pringatan "not found"

jika anda ingin memperbaiki dari penyebab yang nomor satu yaitu Karena konten tidak tersedia, maka anda bisa lakukan memperbaiki link-link rusak atau error tersebut di alat webmaster, yaitu dengan cara anda hapus pada link url posting/artikel yang tidak dapat di buka dan tertera peringatan (not found) karena memang link sudah tidak tersedia bisa karena sebab telah anda hapus serta karena sebab lainnya. menghapus artikel blog jika hanya pada dashboard blog masih akan di anggap oleh robor crawl sebagai konten, jika memang sudah terlanjur terindex oleh robot crawl. penghapusan bisa di anggap permanen, jika anda hapus pada alat webmaster untuk langkah-langkahnya bisa anda simak pada artikel sebelumnya:

Baca juga : cara yang benar menghapus link url yang rusak pada webmaster


2. Karna salah dalam membuat link

Seperti yang tlah saya alami belum lama ini, dalam membuat link artikel ada yang salah, yaitu hanya kurang satu karaktr huruf, shingga mngakibatkan adanya pringatan link dalam ksalahan pada alat wbmastr, jika tidak segera di perbaiki maka mesin atau robot crawl google pun menganggap link tersebut rusak dan blog anda pun di nilai tidak baik menurut robot crawl. Dan permasalahn inilah yang akan kami bahas.

 

3. Karena link url posting belum di submite ke google

Dan yang nomor tiga ini yaitu karena sebab link artikel anda belum anda submite ke google, jika salah satu link artikel blog anda masuk dalam dafatr dalam alat webmaster pada menu PERAYAPAN >> KESALAHAN PERAYAPAN berarti mesin google crawl menganggap link tersebut error padahal kontennnya tersedia dan bisa di buka maka solusinya adalah anda  "ambil sebagai google" walaupun link url telah muncul di google namun jika anda belum submite maka ada juga yang menganggap link tersebut masuk dalam kategori link artikel dalam kesalahan, hal ini saya pun juga pernah mengalaminya. dan solusinya jika anda mengalami hal yang sama adalah tinggal anda submit saja link artikelnya.

Baca juga : Cara submit link url blog ke google yang tepat

 

4. Karena sebab lainnya

Karena memang masih banyak penyebab lainnya, munkin anda juga prnah mengalaminya yaitu link-link error yang sama sekali tiak sesuai dengan link yang kita punya, entah itu karena apa saya pun juga tidak bisa memastikan jika yang satu ini, tiba-tiba muncul padahal tidak sesuai sama sekali dengan artikel yang telah kita buat. mungkin saja karena robot crawl nya yang error.

dari ke empat penyebab-penyebab link error atau rusak yang masuk dalam kesalahan pada alat webmaster google, dan yang akan kami bahas ini adalah sbuah solusi dari pnyebab yang nomor 2 yaitu Karna salah dalam membuat link, yang belum lama ini saya mengalaminya.

Baca juga : Cek Kesehatan situs/blog anda dengan alat ini

Dan baiklah jika anda ingin memperbaiki link error dalam kesalahan dari penyebab yang kedua yaitu link posting yang salah saat anda membuatnya padahal artikel atau posting padahal konten masih tersedia atau masih ada pada blog anda. yaitu dengan cara berikut ini:

Cara memperbaiki kesalahan url artikel salah alamat

  1. Pertama silahkan anda periksa link-link yang masuk dalam kategori dalam kesalahan tersebut dengan cara anda masuk ke alat webmaster/search console
  2. Pilih salah satu blog yang akan anda periksa, kemungkinn blog anda tidak hanya satu kan.
  3. di bilah samping kiri anda pilih menu Perayapan >> Kesalahan perayapan
  4. Kemudain silahkan anda perhatikan pada menu tersebut, jika terdapat link-link dengan kode 404 maka berarti link artikel tersebut memang sebaiknya di perbaiki, walaupun kode 404 adalah kode yang tidak begitu berbahaya, namun menurut saya merusak pemandangan SEO.
  5. Jika ada maka silahkan anda klik pada salah satu link tersebut


Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat

6. Kemudian jika muncul sebuah popup baru, maka silahkan anda klik link tautan artikel, terbuka atau tidak? ada konten nya tidak? jika terbuka dan terdapat konten/artikelnya berarti link tidak bermasalah, dan anda cukup pilih "Ambil sebagai google". Namun jika anda kunjungi ternyata link "not found" atau tidak terdapat konten nya berarti link segera di perbaiki, namun anda pahami terlebih dahulu link posting tersebut, pernahkah anda membuat artikel tersebut? dan pernahkah anda menghapus link artikel tersebut? jika anda pernah dan juga tidak pernah menghapus artikel berarti perlu anda curigai bahwa artikel tersebut sebenarnya masih ada, dan kemungkinan ada yang salah dengan link tersebut.

7. Kemudian kita akan cari letak kesalahan kira-kira dimana berada? dan sesuai galaman setelah saya periksa ternyata saya salah dalam membuat link yaitu hanya kurang satu karakter huruf "l" di ahir link url yaitu seharusnya html namun hanya htm, sehingga mengakibatkan link tidak dapat di buka.

8. Kemudian kita cari di mana letak link salah tersebut? maka silahkan pilih menu sampingnya yaitu "Ditaut dari" nah, silahkan anda buka link yang terdapat pada menu "ditaut dari" tersebut dan disini saya akan mencoba salah satu link yang ada, karena jika saya perhatikan link tersebut hanya satu namun di browse dari berbagai perangkat dan versi, ada yang di browse versi google.com ada juga yang di browse google.co.id (google chrome), dan juga dari perangkat desktop / PC serta smartphone bisa di lihat dari kode ahiran seletah link terdapat kode m=1 berarti di bowse dari perangkat smartphone atau android. jadi saya pilih salah satu saja, untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:

Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat

Kemudian setelah terbuka artikel "ditaut dari" tersebut, silahkan anda lihat linknya, bisa anda lakukan dengan cara sorot link dengan mouse dan anda lihat yang tertera pada desktop ternyata memang ada yang kurang yaitu huruf "l" di ahir link url dan seharusnya "html". perhatikan gambar:

Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat
Jadi langsung saja anda Meluncur untuk edit posting/artikel tersebut dan perbaiki linknya lalu "Perbaharui" post. selesai.

Baiklah pemirsa blog tentangwebsites, Demikianlah tadi Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat, semoga bermanfaat bagi anda sekalin, sampai jumpa, salam. Silahkan anda simak tutorial menarik lainnya Penyebab membuat artikel bukan tambah cepat malah lama

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Cara memperbaiki kesalahan url artikel pada webmaster yang tepat"

Alhamdulillah selama ini blm pernah ngalami kesalahan url artikel di webmaster kang. Tapi nitip jejak, gelar tiker siapa tau next time butuhin hihi

Ok terima kasih, kami senang anda meninggalkan jejak. Heh

Terkadang memang kita lupa untuk mengecek webmaster, apalagi dalah nulis url. Info nya saya saring kang.

Ok mas deni, semoga bermanfaat untuk modal blogging kedepannya..

Mau tanya mas,,,
Kesalahan url pada webmaster, itu bisa di sebabkan duplikat konten apa tidak ?
Terimakasih jawabannya.

Menurut saya tidak mas, namun bisa jadi juga karena adanya link salah yang ada pada conten duplikatnya.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top