Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran



Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran, Ternyata banyak sekali manfaat dari google drive, selain untuk menyimpan data, file pribadi kita, google drive bisa juga kita manfaatkan untuk membuat formulir online yang terkenal dengan sebutan google form, jika kamu ingin melayani sebuah pendaftaran secara online, tentunya membutuhkan sebuah formulirnya yang online, yaitu dengan google form tersebut.

Formulir disini bisa kamu manfaat sebagai Pendaftaran Penerimaan siswa-siswi baru, Peserta lomba, Audisi, votting dan lain sebagainya, sangat banyak macam manfaat dari google form ini. nah pada kesempatan kali ini akan saya bagikan cara untuk membuat google form untuk formulir pendaftaran siswa-siswi Mts yang kebetulan hari-hari ini baru saja selesai Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Dasar. baiklah langsung saja.

1. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah daftar atau Registrasi di Google Drive terlebih dahulu, jika kamu telah memilki akun google maka silahkan kamu hubungkan saja, karena akun google bisa untuk berbagai macam layanan seperi, Boogle Plus, Blog, Google image, google play dan tanpa terkecuali Google Drive (Cloud penyimpanan data gratis) Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (cloud) milik Google yang telah diluncurkan Kurang lebih sejak bulan April 2012 yang lalu. Google Drive memudahkan kita sebagai pengguna google untuk menyimpan file melalui internet, sehingga dokumen kita Anda tidak akan hilang selama Anda mengetahui email dan passwordnya. jadi silahkan kamu daftar terlebih dahulu akun Google Drive nya.

2. Setelah memilki akun Google drive, kini silahkan kamu login ke Google drivenya, dan lalu klik menu pojok atas kiri "New" lalu pilih "Lainnya" kemudian pilih "Google Form/Google formulir" dan selanjutnya pilih "Dari template" Perhatikan gambar:


3. Dan nantinya kamu akan dibawa ke laman pilihan beckground Formulir, pilih saja yang sederhana dan nantinya akan diarahkan ke laman pengeditan Formnya tersebut:

Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran

Jadi pada langkah ini silahkan kamu buat formulirnya/edit, jika ada menu yang kurang cocok bisa di buang atau di ganti dengan mudah. jika ingin menambah sebuah Quetion/Pertanyaan pada form, kamu klik aja menu lambang tambah (+) untuk menambah menu pertanyaan. untuk jabannya bisa kamu pilih jawaban singkat atau optional (Choice) sebuah pilihan, semisal Jenis kelamin berarti pilih jawaban yang optional atau pilihan, Kotak satu "Laki-laki Kotak dua "Perempuan".

Jika kamu ingin buat menu quetion/pertanyaan dengan model yang sama, tinggal kamu klik saja copi, dengan dilambang papan dowble pada layar menu. dan seterusnya hingga kamu anggap selesai.

Jika sudah di rasa formulirnya sudah cukup, klik "Kirim" dan nantinya akan ada sebuah pop up sebagai berikut:
Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran
Silahkan kamu manfaatkan menu-menu di atas:

  1. Email, maksudnya Form google tersebut akan kamu kirim lewat email.
  2. Link, yaitu bisa kamu copy dan sebar ke media sosial atau pasaang pada blog yang mana jika di klik akan mengarah pada form pendaftaran tersebut, jadi jangan lupa silahkan kamu copy link google form tersebut.
  3. Embed, artinya form bisa kita letakkan pada blog deng mode Html agar tampilannya bisa sama seperti pada laman form, ukurannya pun juga bisa di atur (Lebar dan tinggi). Sedangkan tombol share di atas jika kamu ingin langsung membagikan google form tersebut ke media sosial seperti Google+, Facebook dan Twitter. dan hasilnya bisa kamu lihat di sini.


Cara Cek Hasil Pendaftar Pada Google Form


Jika kamu ingin tahu ada berapa yang sudah mengisi form google tersebut bisa kamu cek dengan cara:

1. Kunjungi google Drive lalu cari file Google form di atas
2. Klik buka dengan Google form
3. Lalu pilih menu Tanggapan, di situlah hasil jumlah pendaftar/peserta yang telah mengisi Googleform akan terlihat, dan pada tanggapan tersbut bisa kamu buat menjadi File Excel jika kamu klik pada menu Spreadsheet baru jadi sangat mudah nantinya.

Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran

Demikianlah tadi Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran para siswa atau untuk audisi lainnya, jika ada pertanyaan silahakn ajukan pada kolom komentar. sampai jumpa pada artikel menarik lainnya. salam Simak juga 2 hal yang harus di ketahui sebelum custom domain

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Cara membuat google form untuk formulir pendaftaran"

Yes! Finally someone writes about costume wigs.

cocok nih kalau untuk buka pendaftaran kursus. thank's

Ya mas, untuk berbagai macam formulir online lainnya juga bisa dan mudah.

Silahkan Jika Anda Ingin Berkomentar

 
Template By tentangwebsites
Back To Top